Manusia adalah mahluk sosial yang kehidupannya tidak bisa lepas dari manusia lain dengan keragaman tipe kepribadian, pembawaan, danĀ karakter. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan yang luas tentang prinsip-prinsip komunikasi agar bisa saling memahami sehingga terjalin interaksi yang komunikatif.
Dalam hal ini al-Quran telah memberiĀ petunjuk illahi tentang prinsip-prinsip komunikasi secara global sebanyak enam prinsip meliputi: Qaul Baligh, Qaul Karim, Qaul Maisur, Qaul Maāruf, Qoul Layyin, dan Qoul Sadid, sebagaimana telah disebut pada edisi keempat buletin Humaira. Mulai buletin edisi kelima ini, insya Allah akan dibahas secara rinci, diawali oleh prinsip pertama: Qaul Baligh.
Qaul Baligh terdiri atas dua kata: Qaul dan Baligh. Kata Qaul merupakan akar kata (mashdar) bagi kata qaala yang bermakna perkataan. Sementara kata balÄ«gh berasal dari kata bulugh, bermakna āsampainya sesuatu kepada sesuatu yang lain.ā Juga bisa dimaknai ācukup (al-kifÄyah).ā Dari situ kata balÄ«gh digunakan sebagai sifat perkataan yang bermakna āperkataan yang merasuk dan membekas dalam jiwa.āĀ Sementara menurut al-Ashfahani, bahwa perkataan balÄ«gh mengandung tiga unsur utama, yaitu bahasanya tepat, sesuai dengan yang dikehendaki, dan isi perkataan adalah suatu kebenaran. Sedangkan istilah balÄ«gh dalam konteks pembicara dan lawan bicara, adalah bahwa si pembicara secara sengaja hendak menyampaikan sesuatu dengan cara yang benar agar bisa diterima oleh pihak yang diajak bicara.
Di dalam al-Quran, istilah qaul balĆ®gh hanya disebutkan sekali, yaitu pada QS an-NisĆ¢ā/4: 63:
Ų£ŁŁŁŁŲ¦ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŲ°ŁŁŁŁ ŁŁŲ¹ŁŁŁŁ Ł Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ł ŁŲ§ ŁŁŁ ŁŁŁŁŁŲØŁŁŁŁ Ł ŁŁŲ£ŁŲ¹ŁŲ±ŁŲ¶Ł Ų¹ŁŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŲ¹ŁŲøŁŁŁŁ Ł ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŁ Ų£ŁŁŁŁŁŲ³ŁŁŁŁ Ł ŁŁŁŁŁŁŲ§ ŲØŁŁŁŁŲŗŁŲ§
āMereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka. karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka yang berbekas pada jiwa mereka.ā QS. an-NisĆ¢ā(4): 63
Ayat ini, dan ayat sebelumnya (QS. An-Nisa:62) menginformasikan tentang kebusukan hati kaum munafik, bahwa mereka tidak akan pernah bertahkim (berdamai) kepada Rasulullah saw. meski mereka bersumpah atas nama Allah, kalau apa yang mereka lakukan semata-mata hanya menghendaki kebaikan. Walapun begitu, beliau dilarang menghukum mereka secara fisik (makna dari āberpalinglah dari merekaā), akan tetapi, cukup memberi nasihat sekaligus ancaman bahwa perbuatan buruknya akan mengakibatkan turunnya siksa Allah,Ā dan berkata kepada mereka dengan perkataan yang balĆ®gh.
Adapun orang munafik memiliki tiga ciri, sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadis, yaitu (1) bila berbicara bohong, (2) bila berjanji ingkar, dan (3) bila diamanati khianat. Siapapun bisa terkena dengan ketiga ciri kemunafikan tersebut, baik orang dewasa maupun anak-anak. Maka prinsipĀ Qoul Baligh dapat kita gunakan ketika berkomunikasi dengan orang yang memiliki ciri-ciri seperti di atas, sebagaimana Rasulullah diperintahkan oleh Allah melalui ayat di atas.
Sebuah komunikasi dianggap baligh jika bertujuan hendak mengungkap sebuah kebenaran dan memenuhi kriteria-kriteria khusus sebagai berikut:
- Tertampungnya seluruh pesan dalam kalimat yangĀ disampaikan, tidak bertele-tele, juga tidak terlalu pendek sehingga pengertiannya menjadi kabur.
- Pilihan kosa kata dan tata bahasanya yang benar tapiĀ tidak dirasakan asing bagi siĀ pendengar.
- Gaya bicara harus ditunjang oleh bahasa tubuh yangĀ tepat agar pesan yang disampaikan bisa lebih difahami oleh lawan bicara.
- Pilih waktu yang tepat.
Dari uraian di atas tampak jelas ukuran suatu perkataan atau komunikasi dipandang sebagai qaul baligh. Dengan demikian, memberi nasihat atau mengatakan sesuatu yang mengandung ancaman atau larangan sekalipun dapat dikategorikan qaul baligh jika bertujuan hendak mengungkap sebuah kebenaran dan memenuhi kriteria-kriteria sebagaimana disebutkan di atas. Wallahu A’lam.
Ā
Sumber: Buletin Humaira, Edisi 5 Agustus 2015