PEMUDA PERSIS GELAR MUKTAMAR XII

25 des 2015 aSigabah.com—(Bandung). Setelah Persatuan Islam (Persis) dan Persatuan Islam Istri (Persistri) berhasil menjalankan muktamarnya masing-masing, kini tibalah giliran Pemuda Persis, sebagai organisasi kader Persis, akan menyelenggarakan “hajat 5 tahunan” itu, yang akan berlangsung pada hari ini, Jumat (25/12/2015), hingga Ahad mendatang (27/12/2015), di Pesantren Persis No. 84, Ciganitri, Kabupaten Bandung.

Muktamar yang digelar selama tiga hari ini, akan dihadiri sekitar 500 orang utusan dari Pimpinan Wilayah (PW), Pimpinan Daerah (PD), dan Pimpinan Cabang (PC) yang ada di seluruh Indonesia.

Agenda muktamar hari ini, selain diawali dengan check in peserta sejak pukul 13.00 hingga 18.00 WIB, juga akan digelar acara penyerta Muktamar pada pukul 20.00 WIB, dengan tema: “Silaturahmi Pengusaha Muda Persis.”

Sementara pembukaan Muktamar itu sendiri akan dilangsungkan besok, Sabtu (26/12/2015), yang rencananya akan dibuka oleh Ketua Umum PP Persis, hasil muktamar Persis XV yang baru lalu, KH.Aceng Zakaria.

25 des 2015 bMuktamar pemuda Persis XII, selain ajang untuk memilih imam baru Pemuda Persis untuk periode XIII, juga membahas berbagai persoalan penting yang menentukan perjalanan jam’iyyah (organisasi) pemuda selama lima tahun ke depan (2015-2020), baik tentang program jihad, perubahan Qaidah Asasi (QA) dan Qaidah Dakhili (QD), serta rekomendasi yang bersifat internal, nasional, dan internasional, juga tidak kalah penting berhubungan dengan manhaj kaderisasi.

Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa sejarah lahirnya organisasi Pemuda Persis tidak bisa dilepaskan dari skenario kelahiran organisasi induknya, yaitu Persis. Keadaan masyarakat yang jumud dalam berpikir, tertutupnya pintu ijtihad, maraknya praktek TBC (Takhayul, Bid’ah dan Khurafat) yang sudah menjadi penyakit kronis di masyarakat, merupakan problematika umat yang harus di cariproblem solvingnya.  Hal itulah yang kemudian mendasari lahirnya Persatuan Islam (Persis). Persatuan Islam mengusung gerakan ke-Islaman dengan tema sentral ar-ruju’ ila qur’an wa sunnah (kembali kepada Al-Qur’an dan as-Sunah) untuk mencoba menjadi problem solver bagi permasalahan umat yang sudah akut diatas. Persis termasuk didalamnya Pemuda Persis memposisikan diri sebagai gerakan purifikasi (pemurnian) ajaran Islam dengan metode yang agak sedikit radikal.

Pemuda Persis dilahirkan di Bandung pada tanggal 22 Maret 1936 (Ahad, 28 Dzulhijjah 1354 H) sekitar jam 09.00 WIB., pada saat berlangsung rapat anggota di gedung Persis jalan Pangeran Soemedang (sekarang Jl. Oto Iskandardinata). Dalam rapat yang dipimpin oleh H. Azhari itu dibahas berbagai persoalan di antaranya usul yang diajukan oleh Fachrudin al-Kahiri dan Kemas Ahmad tentang pendirian pemuda Persis sebagai  kader Persis. Rapat itu akhirnya menyetujui didirikannya Pemuda Persis, sekaligus mengangkat Ketua Pemuda Persis yang pertama, saudara Djoedjoe.

25 des 2015 cPemuda Persis, sebagai kader Persis, yang telah menapaki usia 79 tahun dalam kiprahnya di tanah air, sejak kelahirannya tahun 1936 hingga tahun 2015 (periode ke-12), telah menyebar di 8 provinsi, 35 kota dan kabupaten, serta 163 kecamatan yang ada di Indonesia, dengan jumlah anggota sebanyak 4.120 orang. Ke-8 provinsi itu meliputi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Bali, dan Lampung.

Siapa pun yang nantinya terpilih menjadi imam pemuda Persis untuk masa jihad 2015-2020, pada hakikatnya telah mendapatkan perintah dari Allah Swt. sebagaimana termaktub dalam Al-Quran, “Apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS. Al-Insyirah: 7-8).

Artinya, seluruh anggota pimpinan yang diberi amanat oleh muktamar dan para muktamirin yang mewakili segenap pimpinan serta anggota pemuda Persis sedunia dituntut untuk menjalankan keputusan muktamar tersebut sebagaimana layaknya amanat yang harus ditunaikan. Dengan demikian, keputusan muktamar yang nanti dihasilkan menjadi tanggung jawab bagi segenap pimpinan dan umat pemuda Persis untuk melaksanakan atau menjalankannya. Selamat bermuktamar, semoga sukses !

 

By Tim Sigabah Publika, sigabah.com/beta

Editor: Amin Muchtar, sigabah.com/beta

 

Lampiran Draft Agenda Muktamar Pemuda Persis

25 des 2015 lampiran 1

25 des 2015 lampiran 2

2 thoughts on “PEMUDA PERSIS GELAR MUKTAMAR XII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *