PD PEMUDA KABUPATEN BANDUNG HARAPKAN REAKTIVITAS TRADISI KEILMUAN PERSIS

BANDUNG (sigabah.com)—Pimpinan Daerah Pemuda Persatuan Islam Kabupaten Bandung, untuk yang kedua kalinya menggelar kajian manhaji dengan mengangkat tema “Mengurai Thuruq Al-Istinbath Dewan Hisbah Persis” di Aula Pimpinan Cabang Persatuan Islam Pameungpeuk, Ahad (27/08/17). Kajian ini diisi langsung oleh anggota Dewan Hisbah Persis, sekaligus Pembina Pesantren Ibnu Hajar, Ustaz Amin Muchtar.

Selaku Bidang Pendidikan PD Pemuda Persis Kabupaten Bandung, Fajri Abdurrofi mengungkapkan, kajian manhaji tersebut merupakan salah satu program jihad Bidang Pendidikan. Selain itu, kajian ini diagendakan secara berkala satu bulan sekali.

Tujuan digelarnya acara tersebut, Fajri menyatakan, hendak menghidupkan kembali tradisi keilmuan Persatuan Islam. “Maka di antaranya untuk PD, kami berusaha menghidupkan kembali tradisi keilmuan Persis,” ujarnya.

Hasil dari kajian tersebut, tambah Fajri, akan ditindaklanjuti oleh Pimpinan Daerah; terlepas apakah itu berupa rekomendasi kepada Dewan Hisbah sebagai penguat fatwa, atau justru menyampaikan usulan produk hukum yang memang diperlukan di jam’iyyah Persatuan Islam.

Untuk ke depannya, ia berharap kajian tersebut bisa dijadikan sebagai prototipe untuk Pimpinan Daerah lain sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh cabang yang berada dalam lingkup Pemuda Persis Kabupaten Bandung untuk lebih menghidupkan lagi tradisi-tradisi keilmuan di Persis.

By: Ikhwan Fahmi, jurnalis sigabah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *