PC Pemuda Persis Pameungpeuk Tunaikan Amanah Musycab dengan Semarak Literasi

BANDUNG (sigabah.com)—Pimpinan Cabang Pemuda Persatuan Islam Pameungpeuk bekerjasama dengan Madrasah Pena, Literakita dan sejumlah komunitas literasi yang berdomisili di Pameungpeuk akan menggelar Semarak Literasi bertemakan “Membaca Sejarah, Merawat Gagasan, Menyambung Peradaban” besok, Sabtu-Ahad (16-17/09/17) di Kantor PC Persis Pameungpeuk.

Acara ini dimulai dengan gerak jalan literasi, bincang komunitas dan semarak baca puisi, ceramah literasi yang disampaikan oleh Ketua Umum Persatuan Islam (Persis),  KH. Aceng Zakaria, serta nonton bareng film dokumenter pada hari pertama. Adapun hari kedua akan digelar talk show serta diakhiri dengan tabligh akbar.

Menurut Adi Tahir, selaku Sharing Comite (SC) Semarak Literasi menyampaikan bahwa acara akbar PC Pemuda Persis Pameungpeuk tersebut merupakan amanah Musycab. Selain itu, Semarak Literasi ini didasari oleh teks al-Qur’an yang tercantum pada surat al-‘Alaq.

“Secara prinsip, jelas yang mendasari gerakan literasi kita adalah teks al-Qur’an. Secara simbolik Muhammad diberikan tanggung jawab literasi dalam wahyu pertama,” tuturnya.

Dengan Semarak Literasi tersebut, Adi menambahkan, hendak mengingatkan masyarakat bahwa aktivitas membaca itu penting. Maka dapat dikatakan seluruh yang pihak yang terlibat hendak berkontribusi memperbaiki peringkat literasi dunia Indonesia yang saat ini sangat memprihatinkan.

Selain itu, dengan adanya kesadaran masyarakat, kesadaran bersama, dan kesadaran kolektif dalam dunia literasi akan meningkatkan pembangunan daerah.

“Jelas, kesadaran masyarakat, kesadaran bersama, kesadaran kolektif yang pada akhirnya akan menjelma menjadi gerakan kolektif untuk meningkatkan pembangunan daerah, dalam arti pembangunan manusianya. Makanya dalam acara ini kita menggandeng berbagai komunitas yang ada di Pameungpeuk yang concern dalam dunia literasi,” pungkasnya.

By: Ikhwan Fahmi, jurnalis sigabah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *