MATAHOLANG MEMELIHARA SEMANGAT KURBAN NABI IBRAHIM (LIPUTAN HARI III-TAMAT)

Sigabah.com – (Cilacap). Sabtu 12 Dzulhijjah 1436 H/26 September 2015, jam tangan panitia menunjukan jam 6.55 waktu setempat. Pagi itu merupakan hari yang sangat bersejarah bagi kaum muslimin, khususnya di desa Karang Gintung, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, propinsi Jawa tengah.

qurban 1Sapi kurban atas nama Mas Gondrong

Alhamdulillah dengan mengucapkan Bismillaah wa Allaahu Akbar, hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi, 3 di antaranya yang diamanatkan para kurbani kepada Mataholang Center, berhasil disembelih satu demi satu.

qurban 2Sapi amanat para kurbani kepada Mataholang Center

 Meski situasi dan kondisi harga sapi relatif tinggi di tahun ini, namun hal itu tidak menyurutkan panitia tebar kurban dan rihlah dakwah Mataholang Center dalam “menyapa” para calon kurbani untuk menitipkan saham kurbannya demi syiar Islam di daerah yang menjadi sasaran empuk pihak-pihak yang akan merusak akidah umat Islam.

Atas kerja keras seluruh elemen di Mataholang Center, dan tentu saja dengan izin Yang Maha Kuasa, telah terkumpul sebanyak 26 saham yang dipercayakan para kurbani kepada Mataholang.

qurban 3Penyembelihan Sapi Kurban oleh panitia lokal

Bahkan, Allah Swt. punya “kebijakan” lain yang tidak dapat dipahami oleh pikiran dan tak terjangkau oleh kecerdasan panitia Tebar kurban dan rihlah dakwah, bahkan keluarga besar Mataholang Center, karena bukan saja 3 ekor sapi tergapai, malahan dapat tambahan 5 ekor domba yang dapat ditebar di daerah lain di Jawa Barat: Kadupugur Ciamis (1 ekor domba), Cibedug Lembang (2 ekor domba), Cipedes Paseh (1 ekor domba) dan Cisurupan Kabupaten Garut (1 ekor domba).Domba amanat para kurbani itu telah disembelih oleh panitia lokal di daerah masing-masing pada hari Iedul Adha, Kamis 10 Dzulhijjah 1436 H/24 September 2015.

qurban 4Penyembelihan sapi kurban oleh “Tim Jagal” Mataholang

Selain jumlah saham dan hewan kurban, terdapat kegembiraan lain yang dirasakan oleh keluarga besar Mataholang, karena daging yang dihasilkan dari 3 ekor plus 1 ekor sapi kurban atas nama Mas Gondrong mencapai 784 kg daging, sehingga dapat menjangkau sekitar 1200 orang di desa Karang Gintung itu.

qurban 5Proses menguliti oleh panitia lokal

Secara umum hasil keluaran sapi kurban yang dapat dilaporkan di sini meliputi sapi (1) dengan bobot hidup 375 Kg, menghasilkan daging 113 Kg. Sapi (2) dengan bobot hidup 485 Kg, menghasilkan daging 151 Kg. Sapi (3) dengan bobot hidup 360 Kg, menghasilkan daging 107 Kg. Sementara sapi atas nama Mas Gondrong, dengan bobot hidup 934 Kg, menghasilkan daging 413 Kg.

 qurban 6

Proses mengeluarkan daging oleh panitia lokal

 Prosesi penyembelihan dan menurunkan daging 4 ekor sapi itu sendiri relatif lancar, berakhir sekitar pukul 09.00 waktu setempat, untuk selanjutnya ditimbang, dibungkus dan dibagikan kepada warga sekitar.

qurban 7Penimbangan dan Pembungkusan oleh panitia lokal

Suksesnya program tebar kurban dan rihlah dakwah ini tentu saja atas saham amal shaleh seluruh pihak, bukan saja keluarga besar Mataholang, namun juga para kurbani, Mas Gondrong dan keluarganya, serta panitia setempat. Begitu pula keberhasilan di daerah lain, seperti disebutkan di atas.

qurban 8Gantingan daging kurban yang hendak dibagikan kepada warga sekitar

Keluarga Besar Mataholang Center meyakini bahwa “tinta emas” mereka merupakan mata rantai shadaqah jariah Nabi Ibrahim As., yang termanifestasi dalam doa beliau:

وَاجْعَلْ لِي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِينَ

Dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian.” QS.Asy-Syu’ara:84

 Hari itu, pukul 11.15 waktu setempat, rombongan Mataholang Center memohon pamit kepada pribumi Mas Gondrong dan keluarga, untuk melanjutkan perjalanan wisata ke Pangandaran hingga hari Ahad. Dalam acara perpisahan itu dapat dihadiri pula oleh Bapak Kades, yang berkesempatan untuk mengantar kepulangan keluarga besar Mataholang Center.

qurban 9Acara perpisahan rombongan Mataholang Center

Semoga saja kepercayaan para kurbani kepada Mataholang Center tetap terpelihara agar shadaqah jariah mereka dapat tersebar ke segenap penjuru negeri ini, sehingga semangat dan jiwa kurbani Nabi Ibrahim tetap segar dan mendarah daging pada setiap diri umat Islam di daerah masing-masing.

By Sie Dokumentasi Panitia Tebar Kurban & Rihlah Dakwah Mataholang Center, sigabah.com/beta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *