Preloader logo

ASYURA: ANTARA SUNNAH & SYIAH (Bagian Ke-2)

 

Asyura Zaman Jahiliyyah

Jahiliyah adalah konsep dalam agama Islam yang menunjukkan masa di mana penduduk Mekah berada dalam ketidaktahuan (kebodohan). Akar istilah jahiliyyah adalah bentuk kata kerja jahala, yang memiliki arti menjadi bodoh, bodoh, bersikap dengan bodoh atau tidak peduli.

Kemudian dalam syariat Islam memiliki arti ketidaktahuan akan petunjuk Ilahi. Keadaan tersebut merujuk pada situasi bangsa Arab kuno, yaitu pada masa masyarakat Arab pra-Islam sebelum diutusnya seorang rasul yang bernama Muhammad. [1]

Oleh Ibnu Abas, masa ini disebut pula masa fatrah selama 434 tahun, dihitung sejak Nabi Isa diangkat ke langit (sekitar 32 M) hingga masa diangkatnya Muhammad saw. menjadi Nabi dan Rasul. [2]

Gambar Asyura_Pasar di Zaman Jahiliyyah

Ilustrasi posisi pasar masa Jahiliyyah versi Dr.Syauqi Abu Khalil dalam Atlas Sirah Nabawiyyah

Bagi orang Arab Jahiliyyah, Asyura dianggap istimewa karena pada hari itu diperbarui penutup (kiswah) Ka’bah. Dan untuk melengkapi pengagungannya mereka melaksanakan shaum pada hari itu. Penjelasan tentang itu kita peroleh dari hadis berikut ini:

عَن عَائِشَةَ رَضِي الله عَنْهَا قَالَتْ كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِي الْجَاهِلِيَّةِ

Dari Aisyah, ia berkata, “Hari Asyura adalah waktunya shaum orang-orang Quraisy di zaman jahiliyah.” HR. Al-Bukhari. [3]

Pada masa ini, Nabi Muhamad saw. turut serta menshauminya karena masih mengikuti tradisi jahiliyyah. Aisyah menjelaskan:

وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُهُ فِى الْجَاهِلِيَّةِ

“Dan Rasulullah saw. menshauminya pada masa jahiliyyah.” HR. Abu Dawud, al-Baihaqi, Malik, asy-Syafi’I.[4]

Adapun latar belakang orang jahiliyyah menghormati Asyura, dijelaskan oleh para ulama sebagai berikut:

Imam Al-‘Ainiy berkata:

كَانَ يَوْمُ عَاشُوْرَاءَ يَوْمًا تُسْتَرُ فِيْهِ الْكَعْبَةُ وَكَانَتْ تُكْسَى فِي كُلِّ سَنَةٍ مَرَّةً يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ

“Hari Asyura adalah hari ditutupnya Ka’bah. Dan ia ditutup pada setiap tahun satu kali pada hari Asyura.”[5]

Syekh Athiyyah Muhamad bin Salim berkata:

وَقُرَيْشٌ كَانَتْ تَصُوْمُ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ، وَتُجَدِّدُ فِيْهِ كِسْوَةَ الْكَعْبَةِ

“Orang-orang Quraisy saum pada hari Asyura dan pada hari itu (pula) mereka memperbarui kiswah Ka’bah.” [6]

Dr. Jawwad Ali berkata:

أَنَّ قُرَيْشًا كَانَتْ تُعَظِّمُ هذَا الْيَوْمَ، وَكَانُوْا يَكْسُوْنَ الْكَعْبَةَ فِيْهِ، وَصَوْمُهُ مِنْ تَمَامِ تَعْظِيْمِهِ

“Sesungguhnya orang-orang Quraisy mengagungkan hari ini, dan pada hari itu mereka menutup ka’bah, dan melaksanakan saum karena melengkapi pengagungannya.” [7]

Asyura Zaman Nabi Muhamad

Gambar Asyura_Masa Kelahiran Nabi

Nabi Muhammad saw. hidup di Mekah selama 12 tahun 5 bulan 13 hari, terhitung sejak masa bi’tsah (pengangkatan Nabi & Rasul) tanggal 17 atau 25 Ramadhan tahun ke-41 dari kelahiran Nabi, yang bertepatan dengan 6 atau 14 Agustus 610 M, hingga 1 Rabi’ul Awwal tahun ke-54 dari tahun kelahirannya atau tahun 13 kenabian, yang bertepatan dengan 13 September 622 M.

Dari data di atas kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa selama hidup di Mekah sebagai Nabi dan Rasul, beliau telah “mengalami” Asyura sebanyak 11 kali. Selama periode Mekah ini, beliau telah menyikapi Asyura dengan melaksanakan shaum. Pelaksanaan shaum Asyura periode Mekah dijelaskan dalam hadis-hadis berikut ini:

عَن عَائِشَةَ رَضِي الله عَنْهَا قَالَتْ كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِي الْجَاهِلِيَّةِ وَكَانَ رَسُولُ اللهِ  صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُهُ

Dari Aisyah, ia berkata, “Hari Asyura adalah waktunya shaum orang-orang Quraisy di zaman jahiliyah dan Rasulullah Saw. pun menshauminya…” HR. Al-Bukhari. [8]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ : أَنَّ أَهْلَ الْجَاهِلِيَّةِ كَانُوا يَصُومُونَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَإِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- صَامَهُ ، وَالْمُسْلِمُونَ قَبْلَ أَنْ يُفْرَضَ رَمَضَانُ

Dari Ibnu Umar (ia berkata), “Sesungguhnya kaum jahiliyah melakukan shaum pada hari Asyura dan sesungguhnya Rasulullah Saw. beserta kaum muslimin melaksanakan shaum itu sebelum diwajibkannya shaum Ramadhan.” HR. Al-Baihaqi. [9]

Gambar Asyura_Peta Perjalanan Nabi Saw_Singgah di Quba

Ilustrasi peta posisi masjid Quba versi Dr.Syauqi Abu Khalil dalam Atlas Al-Quran

Setelah datang perintah berhijrah kepada Nabi saw., maka beliau melaksanakan perintah itu dan ditemani oleh Abu Bakar. Imam at-Thabari dan Ibnu Ishaq menyatakan, “Sebelum sampai di Madinah, waktu itu masih bernama Yatsrib, Rasulullah saw. singgah di Quba pada hari Senin 12 Rabi’ul Awwal tahun 13 kenabian/24 September 622 M  waktu Dhuha (sekitar jam 8.00 atau 9.00). Di tempat ini, beliau tinggal di keluarga Amr bin Auf selama empat hari (hingga hari Kamis 15 Rabi’ul Awwal/27 September 622 M. dan membangun mesjid pertama (yang disebut mesjid Quba). Pada hari Jumat 16 Rabi’ul Awwal/28 September 622 M, beliau berangkat menuju Madinah. Di tengah perjalanan, ketika beliau berada di Bathni wadin (lembah di sekitar Madinah) milik keluarga Banu Salim bin ‘Auf, datang kewajiban Jumat (dengan turunnya ayat 9 surat al-Jum’ah). Maka Nabi salat Jumat bersama mereka dan khutbah di tempat itu. Inilah salat Jumat yang pertama di dalam sejarah Islam. Setelah melaksanakan salat Jumat, Nabi melanjutkan perjalanan menuju Madinah.” [10]

Gambar Asyura_Peta Perjalanan Nabi Saw_Mekah hingga MadinahKeterangan tersebut  menunjukkan bahwa Nabi tiba di Madinah pada hari Jumat 16 Rabi’ul Awwal/28 September 622 M. Sedangkan ahli tarikh lainnya berpendapat hari Senin 12 Rabi’ul Awwal/5 Oktober 621 M, namun ada pula yang menyatakan hari Jumat 12 Rabi’ul Awwal/24 Maret 622 M.

Terlepas dari perbedaan tanggal dan tahun, baik hijriah maupun masehi, namun para ahli tarikh semuanya bersepakat bahwa hijrah Nabi terjadi pada bulan Rabi’ul Awwal, bukan bulan Muharram.  Awal Muharram ketika itu jatuh pada tanggal 15 Juli 622 M.

Memasuki bulan Muharram tahun ke-2 hijriah, Nabi saw. mendapati orang-orang Yahudi di Madinah melaksanakan shaum pada hari Asyura, maka beliau bertanya kepada mereka mengenai hal itu, lantas mereka menjawab, “Pada hari ini Allah Swt. pernah menyelamatkan Nabi Musa dan Bani Israil atas (kejaran) Fir’aun, maka Musa menshauminya.” Rasulullah Saw. menjawab, “Kamilah yang paling berhak dengan Musa.” Kemudian beliau shaum dan memerintah para shahabat agar menshauminya. Demikian sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Bukhari. [11]

Perintah shaum Asyura pada masa awal hijrah itu dipertegas oleh Abu Musa sebagai berikut:

عَنْ أَبِى مُوسَى – رضى الله عنه – قَالَ كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ يَوْمًا تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَتَتَّخِذُهُ عِيدًا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-  صُومُوهُ أَنْتُمْ

Dari Abu Musa Ra., ia berkata, “Hari Asyura adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi dan dijadikan sebagai hari raya. Maka Rasulullah saw. bersabda, ‘Shaumlah kalian pada hari itu’.” HR. Muslim. [12]

Adapun proses penetapan hukum shaum itu, sebagaimana dilaporkan oleh beberapa orang shahabat Nabi saw., antara lain sebagai berikut:

Pertama, Salamah bin al-Akwa’

عَنْ سَلَمَةَ بْنِ الأَكْوَعِ رَضِي اللهُ عَنْه قَالَ أَمَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلاً مِنْ أَسْلَمَ أَنْ أَذِّنْ فِي النَّاسِ أَنَّ مَنْ كَانَ أَكَلَ فَلْيَصُمْ بَقِيَّةَ يَوْمِهِ وَمَنْ لَمْ يَكُنْ أَكَلَ فَلْيَصُمْ فَإِنَّ الْيَوْمَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ

Dari Salamah bin Al-Akwa’ Ra., ia berkata, “Nabi saw. memerintah seseorang dari Aslam (Bani Aslam, kabilah populer) untuk memberitahukan kepada orang-orang bahwa barangsiapa sudah makan, maka shaumlah pada sisa harinya. Dan barangsiapa belum makan, maka shaumlah, karena hari ini adalah hari Asyura.” HR. Al-Bukhari. [13]

Dalam riwayat al-Baihaqi dengan redaksi:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَعَثَ رَجُلاً مِنْ أَسْلَمَ إِلَى قَوْمِهِ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ : مُرْهُمْ فَلْيَصُومُوا هَذَا الْيَوْمَ. فَقَالَ : يا رَسُولَ اللَّهِ مَا أُرَانِى آتِيَهُمْ حَتَّى يَطْعَمُوا قَالَ : مَنْ طَعِمَ مِنْهُمْ فَلْيَصُمْ بَقِيَّةَ يَوْمِهِ

“Bahwa Rasulullah saw. mengutus seseorang dari Aslam kepada kaumnya pada hari Asyura. Maka beliau bersabda, ‘Perintahlah mereka, hendaklah mereka shaum pada hari ini. Maka ia berkata, ‘Wahai Rasulullah, apa yang diperintahkan kepadaku ketika aku akan mendatangi mereka sedang makan?’ Beliau bersabda, ‘Barangsiapa di antara mereka sudah makan, maka shaumlah pada sisa harinya’.”[14]

Kedua, Hind bin Asma

عَنْ هِنْدِ بْنِ أَسْمَاءَ قَالَ بَعَثَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى قَوْمِي مِنْ أَسْلَمَ فَقَالَ مُرْ قَوْمَكَ فَلْيَصُومُوا هَذَا الْيَوْمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَمَنْ وَجَدْتَهُ مِنْهُمْ قَدْ أَكَلَ فِي أَوَّلِ يَوْمِهِ فَلْيَصُمْ آخِرَهُ

Dari Hind bin Asma, ia berkata, “Rasulullah saw. mengutusku kepada kaumku dari Bani Aslam. Maka beliau bersabda, ‘Perintahkanlah kaummu, hendaklah mereka shaum pada hari ini, hari Asyura. Barangsiapa engkau dapati di antara mereka sudah makan pada permulaan hari hendaklah ia shaum di akhir hari’.” HR. Ahmad.[15]

Ketiga, Ibnu Abbas

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، قَالَ : أَرْسَلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى أَهْلِ قَرْيَةٍ عَلَى رَأْسِ أَرْبَعَةِ فَرَاسِخَ ، أَوْ قَالَ : فَرْسَخَيْنِ – يَوْمَ عَاشُورَاءَ ، فَأَمَرَ مَنْ أكَلَ أَنْ لاَ يَأْكُلَ بَقِيَّةَ يَوْمِهِ ، وَمَنْ لَمْ يَأْكُلْ أَنْ يُتِمَّ صَوْمَهُ

Dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Rasulullah saw. mengutus (seseorang) kepada penduduk suatu kampung sejauh 4 atau 2 farsakh pada hari Asyura. Maka beliau memerintahkan: ‘Barangsiapa sudah makan, agar tidak makan pada sisa harinya. Dan barangsiapa belum makan agar menyempurnakan shaumnya.” HR. Ahmad.[16]

Keempat, Abu Huraerah

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَائِمًا يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ لِأَصْحَابِهِ مَنْ كَانَ أَصْبَحَ مِنْكُمْ صَائِمًا فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ وَمَنْ كَانَ أَصَابَ مِنْ غَدَاءِ أَهْلِهِ فَلْيُتِمَّ بَقِيَّةَ يَوْمِهِ

Dari Abu Huraerah, ia berkata, “Nabi saw. shaum hari Asyura, maka beliau bersabda kepada para shahabatnya, ‘Barangsiapa di antara kalian pada pagi hari telah shaum maka sempurnakanlah shaumnya, dan barangsiapa sudah makan, maka shaumlah pada sisa harinya’.” HR. Ahmad.[17]

Kelima, Muhammad bin Shaifiy

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ صَيْفِيٍّ ، قَالَ : قَالَ لَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَليْهِ وسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ : مِنْكُمْ أَحَدٌ طَعِمَ الْيَوْمَ ؟ قُلْنَا : مِنَّا طَعِمَ ، وَمِنَّا مَنْ لَمْ يَطْعَمْ ، قَالَ : فَأَتِمُّوا بَقِيَّةَ يَوْمِكُمْ ، مَنْ كَانَ طَعِمَ ، وَمَنْ لَمْ يَطْعَمْ ، وَأَرْسِلُوا إِلَى أَهْلِ الْعَرُوضِ ، فَلْيُتِمُّوا بَقِيَّةَ يَوْمِهِمْ , قَالَ : يَعْنِي أَهْلَ الْعَرُوضِ حَوْلَ الْمَدِينَةِ.

Dari Muhammad bin Shaifiy, ia berkata, “Rasulullah saw. bersabda kepada kami pada hari Asyura: ‘Adakah seseorang di antara kalian yang telah makan hari ini?’ Kami menjawab, ‘Di antara kami ada yang sudah makan, da nada pula yang belum.’ Beliau bersabda, ‘Maka kalian sempurnakanlah pada hari tersisa, baik yang sudah makan maupun yang belum, dan utuslah kepada penduduk Arudh, maka kalian sempurnakanlah pada hari tersisa.” Muhammad berkata, “Yaitu penduduk ‘Arudh sekitar Madinah.” HR. Ibnu Majah.[18]

Sementara proses perubahan tingkat akurasi hukumnya dari wajib kepada tathawwu (sunat) dijelaskan oleh Aisyah sebagai berikut:

كَانَتْ قُرَيْشٌ تَصُومُ عَاشُورَاءَ فِى الْجَاهِلِيَّةِ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُهُ فَلَمَّا هَاجَرَ إِلَى الْمَدِينَةِ صَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ فَلَمَّا فُرِضَ شَهْرُ رَمَضَانَ قَالَ مَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ

“Kaum Quraisy pada zaman Jahiliyah selalu shaum pada hari Asyura’ dan Rasulullah saw. juga shaum pada hari itu. Ketika beliau hijrah ke Madinah, beliau tetap shaum pada hari itu dan menyuruh para sahabat untuk shaum pada hari itu. Namun ketika diwajibkan shaum bulan Ramadan, beliau bersabda, ‘Barangsiapa yang hendak shaum, maka shaumlah. Dan barangsiapa tidak ingin shaum, maka ia boleh meninggalkannya’.” HR. Muslim. [19]

Dalam riwayat al-Bukhari dengan redaksi:

فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ تَرَكَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ.

“Ketika difardhukan shaum Ramadhan, beliau meninggalkannya (tidak shaum). Beliau bersabda, ‘Barangsiapa yang hendak shaum, maka shaumlah. Dan barangsiapa tidak ingin shaum, maka ia boleh meninggalkannya’.” HR. Al-Bukhari. [20]

Perkataan Aisyah di atas diperkuat oleh keterangan Ibnu Umar sebagai berikut:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِي صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ بَعْدَمَا نَزَلَ صَوْمُ رَمَضَانَ : مَنْ شَاءَ صَامَهُ ، وَمَنْ شَاءَ أَفْطَرَهُ.

“Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda—tentang shaum Asyura setelah turun kewajiban shaum Ramadhan—‘Barangsiapa yang hendak shaum (maka shaumlah). Dan barangsiapa yang hendak berbuka (maka berbukalah).” HR. Ibnu Hiban. [21]

Juga keterangan Mu’awiyah sebagai berikut:

وَعَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَمِعَ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِى سُفْيَانَ خَطِيباً بِالْمَدِينَةِ – يَعْنِى فِى قَدْمَةٍ قَدِمَهَا – خَطَبَهُمْ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ أَيْنَ عُلَمَاؤُكُمْ يَا أَهْلَ الْمَدِينَةِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَقُولُ لِهَذَا الْيَوْمِ هَذَا يَوْمُ عَاشُورَاءَ وَلَمْ يَكْتُبِ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ وَأَنَا صَائِمٌ فَمَنْ أَحَبَّ مِنْكُمْ أَنْ يَصُومَ فَلْيَصُمْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُفْطِرَ فَلْيُفْطِرْ  – رواه مسلم

“Dari Humaid bin Abdurrahman, bahwa ia mendengar Muawiyah bin Abu Sufyan berpidato di Madinah yaitu ketika ia berkunjung ke kota tersebut, ia berkhutbah kepada mereka pada hari Asyura. Ia bertanya, ‘Di manakah ulama-ulama kalian, wahai penduduk Madinah? Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda tentang hari ini, ‘Hari ini adalah hari Asyura dan Allah tidak mewajibkan kalian melaksanakan shaum pada hari ini, tetapi aku shaum. Maka barangsiapa di antara kalian ingin shaum, maka shaumlah dan barangsiapa di antara kalian ingin berbuka, maka berbukalah’.” HR. Muslim. [22]

Dari berbagai keterangan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pada mulanya—ketika tahun pertama Nabi saw. berada di Madinah—shaum ini hukumnya wajib. Namun setelah datang kewajiban shaum bulan Ramadan pada tahun ke-2 hijrah, shaum ini beralih hukumnya menjadi sunat, dan ketika itu pelaksanaannya hanya satu hari tanggal 10 Muharram.

Selain menjelaskan perubahan tingkat akurasi hukumnya, Nabi saw. juga menjelaskan keutamaan serta khasiat shaum itu, sebagaimana diterangkan dalam riwayat berikut ini:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قاَلَ : أَفْضَلُ الصِّياَمُ بَعْدَ رَمَضَانِ شَهْرُ اللهِ المُحَرَّمُ

Dari Abu Hurairah, dari Nabi saw., beliau bersabda, “Shaum yang paling utama setelah (shaum) Ramadhan adalah bulan Allah Muharam.” HR. Muslim, Ahmad, Abd bin Humaid. [23]

Menisbatkan bulan Muharam kepada Allah tiada lain sebagai bentuk pengagungan bulan tersebut. Sebab pada hakikatnya, semua bulan-bulan dan hari-hari itu seluruhnya milik Allah Swt. [24] Disamping memiliki keutamaan, shaum Muharam memiliki “khasiat” dapat menghapus dosa-dosa kecil satu tahun yang telah berlalu, sebagaimana dinyatakan Nabi saw.:

وَصُومُ يَوْمِ عاَشُورَاءَ يُكَفِّرُ سَنَةَ مَاضِيَةٍ

“Dan shaum hari Asyura dapat menutupi (dosa) satu tahun yang telah berlalu.” HR.Al-Jama’ah kecuali al-Bukhari dan at-Tirmidzi.[25]

Memasuki masa akhir periode Madinah (tahun 11 H), ketika para sahabat telah merasa kurang nyaman melakukan shaum Asyura yang sama persis dilakukan oleh Yahudi dan Nasrani, Nabi saw. mencanangkan untuk melakukan perbedaan. Ibnu Abas mengatakan:

لمَاَّ صَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَ أَمَرَ بِصَيَامِهِ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ اليَهُودُ وَالنَّصَارَى. فَقَالَ : فَإِذَا كَانَ عَامُ الْمُقْبِلِ إِنْ شَاءَ اللهُ صُمْنَا اليَوْمَ التَّاسِعَ . قَالَ : فَلَمْ يَأْتِ العَامُ المُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Ketika Rasulullah saw. melakukan Shaum Asyura dan beliau memerintah (para sahabat) untuk melakukannya. Mereka berkata, ’Wahai Rasulullah, sesungguhnya itu merupakan hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nasrani’ Beliau menjawab, ’Nanti tahun depan (12 H) insya Allah kita akan melaksanakan shaum tanggal sembilannya’ Ia berkata, ‘Tetapi tahun depan itu belum datang Rasulullah saw. telah berpulang keharibaan-Nya (tahun 11 H).”HR. Muslim dan Abu Dawud. [26]

Di dalam riwayat lain, Ibnu Abas mengatakan dengan redaksi :

قاَلَ رَسُولُ اللهِ  صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  لَئِنْ بَقَيْتُ إِلَى قَابِلٍ لأَصُومَنَّ التَّاسِعَ يَعْنِي يَوْمَ عَاشُورَاءَ

Rasulullah saw, telah bersabda, ”Jika aku masih hidup sampai tahun depan (12 H), niscaya aku akan shaum tanggal sembilannya, yaitu hari Asyura.” HR. Ahmad dan Muslim. [27]

Rasululah saw. sendiri tidak berkesempatan melaksanakan shaum tanggal sembilan Muharam di tahun itu (12 H), tetapi rencana beliau untuk melaksanakannya membuktikan bahwa shaum di tanggal 9 Muharram itu telah disyariatkan. Pencanangan syariat demikian itu, oleh sebagian ulama disebut Sunnah Hammiyyah Rasulullah (sunah rencana dan cita-cita Rasulullah).

Gambar Asyura_Peta Perjalanan Nabi Saw_Tiba di MadinahDari berbagai keterangan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pada masa Nabi saw. penetapan saum sunat Muharram mengalami perkembangan. Semula hanya dilaksanakan satu hari tanggal 10 Muharram yang disebut Asyura. Namun pada masa akhir kenabian, untuk membedai kebiasaan Jahiliyah, Yahudi atau Nasrani, Rasulullah saw. memerintahkan agar umat Islam melakukan shaum sehari sebelumnya yaitu tanggal 9 Muharam yang disebut Tasu’a. Sehingga pelaksanaan saum sunat Muharram disyariatkan dua hari tanggal 9 dan 10 bulan Muharam yang disebut saum Tasu’a-Asyura.

Pelaksanaan shaum Muharram 2 hari (9-10) itu senantiasa dipelihara oleh generasi shahabat dan terus diajarkan kepada generasi berikutnya. Sehubungan dengan itu, Ibnu Abbas mengatakan:

صُومُوا التَّاسِعَ وَالْعَاشِرَ وَخَالِفُوا الْيَهُودَ

“Shaumlah kalian pada hari kesembilan dan kesepuluh dan berbedalah kalian dengan orang-orang Yahudi.” HR. At-Tirmidzi dan al-Baihaqi. [28]

Paparan data serta analisisnya, sebagaimana terurai pada edisi lalu dan sekarang, menunjukkan betapa hari Asyura telah mendapatkan perlakuan istimewa dari berbagai kalangan, baik umat Islam maupun di luar umat Islam. Nabi Muhammad, sebagai penutup para nabi dan rasul, telah mengajarkan cara penghormatan terhadap bulan Muharram dan menyikapi hari Asyura dalam bentuk pelaksanaan sunnah beliau, berupa shaum sunat 9-10 Muharram. Bentuk penghormatan dan cara menyikapi demikian itu terus dilestarikan oleh para shahabat beliau dan akan terus berlanjut hingga di masa mendatang.

By Amin Muchtar, sigabah.com/beta

[1] Lihat, penjelasan selengkapnya dalam Ianah al-Mustafid bi Syarah Kitab at-Tawhid, II:219.

[2] Lihat, Tarikh Madinah Dimasyqa, I:2.

[3] Lihat, Shahih al-Bukhari, III:1393, No. 3619.

[4] Lihat, HR. Abu Dawud, Sunan Abu Dawud, II:326, No. 2442; al-Baihaqi, as-Sunan al-Kubra, IV:288, No. 8192; Malik, al-Muwatha, I:299, No. 662; asy-Syafi’I, Musnad asy-Syafi’I, I:161.

[5] Lihat, Umdah al- Qari Syarah Shahih al-Bukhari, juz XIV:455.

[6] Lihat, Syarh Bulughul Maram, VII:153.

[7] Lihat, Al-Mufashal fi Tarikh al-‘Arab Qabl al-Islam, XVI:114.

[8] Lihat, Shahih Al-Bukhari, II:704, No. 1898.

[9] Lihat, as-Sunan al-Kubra, IV:289, No. 8195.

[10] Lihat, Tarikh at-Thabari, I:571; Sirah Ibnu Hisyam, juz III, hal. 22; Tafsir al-Qurthubi, juz XVIII, hal. 98.

[11] Lihat, Shahih al-Bukhari, II:704, No. 1900.

[12] Lihat, Shahih Muslim, II:796, No. 1131.

[13] Lihat, Shahih Al-Bukhari, II:705, No. 1903. Al-Bukhari meriwayatkan pula dengan redaksi berbeda (Lihat, Shahih Al-Bukhari, II:679, No. 1824; VI:2652, No. 6837).

[14] Lihat, As-Sunan al-Kubra, IV:221, No. 7824, IV:288, No. 8190.

[15] Lihat, Musnad Ahmad, III:484, No. 16.004.

[16] Lihat, Musnad Ahmad, I:232, No. 2058.

[17] Lihat, Musnad Ahmad, II:359, No. 8701.

[18] Lihat, Sunan Ibnu Majah, I:552, No. 1735. Diriwayatkan pula oleh Ahmad (Lihat, HR. Ahmad, Musnad Ahmad, IV:388, No. 19.554; Ibnu Khuzaimah, Shahih Ibnu Khuzaimah, III:289, No. 2091).

[19] Lihat, Shahih Muslim, II:792, No. 1125.

[20] Lihat, Shahih al-Bukhari, III:1434, No. 3727.

[21] Lihat, Shahih Ibnu Hiban, VIII:387, No. 3622.

[22] Lihat, Shahih Muslim, II:795, No. 1129.

[23] Lihat, HR. Muslim, Shahih Muslim, II:821, No. 1163, Ahmad, Musnad Ahmad, II:344, No. 8515, Abd bin Humaid, al-Musnad, I:416, No. 1423.

[24] Lihat, Tuhfah al-Ahwadzi Syarh Sunan at-Tirmidzi, III:368

[25] Lihat, Fath al-Ghaffar al-Jami’ li Ahkam Sunnati Nabiyyinaa al-Mukhtar, IX:43

[26] Lihat, HR. Muslim, Shahih Muslim, II:797, No. 1134;  Abu Dawud, Sunan Abu Dawud, II:327, No. 2445.

[27] Lihat, HR. Ahmad, Musnad Ahmad, I:224, No. 344; Muslim, Shahih Muslim, II:798, No. 1135.

[28] Lihat, HR. At-Tirmidzi, Sunan At-Tirmidzi, III:128, No. 755, al-Baihaqi, as-Sunan al-Kubra, IV:287, No. 8187..

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#main-content .dfd-content-wrap {margin: 0px;} #main-content .dfd-content-wrap > article {padding: 0px;}@media only screen and (min-width: 1101px) {#layout.dfd-portfolio-loop > .row.full-width > .blog-section.no-sidebars,#layout.dfd-gallery-loop > .row.full-width > .blog-section.no-sidebars {padding: 0 0px;}#layout.dfd-portfolio-loop > .row.full-width > .blog-section.no-sidebars > #main-content > .dfd-content-wrap:first-child,#layout.dfd-gallery-loop > .row.full-width > .blog-section.no-sidebars > #main-content > .dfd-content-wrap:first-child {border-top: 0px solid transparent; border-bottom: 0px solid transparent;}#layout.dfd-portfolio-loop > .row.full-width #right-sidebar,#layout.dfd-gallery-loop > .row.full-width #right-sidebar {padding-top: 0px;padding-bottom: 0px;}#layout.dfd-portfolio-loop > .row.full-width > .blog-section.no-sidebars .sort-panel,#layout.dfd-gallery-loop > .row.full-width > .blog-section.no-sidebars .sort-panel {margin-left: -0px;margin-right: -0px;}}#layout .dfd-content-wrap.layout-side-image,#layout > .row.full-width .dfd-content-wrap.layout-side-image {margin-left: 0;margin-right: 0;}