UMART JALIN KEMITRAAN STRATEGIS DENGAN BUMDES KAB. GARUT

DPMD-GARUT (sigabah.com)—Bertempat di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Garut, Senin 28 Agustus 2017, Tim UMART berkesempatan untuk bersilaturahmi dengan beberapa perwakilan pengurus BUMDES se-Kab.Garut.

Dalam kesempatan yang berharga itu, Tim UMART yang diwakili oleh Komisaris dan Direktur Utama serta didampingi oleh Pembina Komunita YIHA dan Pesantren Ibnu Hajar, berbagi pengalaman seputar Manajemen usaha Retail sebagai bahan masukan untuk pengembangan usaha ritel Bumdes Berkarakter Majemuk, yaitu memfungsikan BUMDes sebagai pemasok utama kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi di bidang jasa, perdagangan, dan manufaktur (produksi). Pada sisi lain berfungsi sebagai penyalur hasil produksi masyarakat desa (produk pertanian, home industri, industri mikro) ke pasar local atau antar desa, bahkan pasar internasional.

Dalam acara silaturahmi dan koordinasi itu, Tim UMART juga menyampaikan beberapa program sinergi BUMDES dengan pelaku usaha di desa masing-masing. Selain itu, disampaikan pula program pendampingan usaha meliputi: (a) pengadaan Gas dengan harga yang terjangkau dengan memfungsikan BUMDES sebagai pangkalan; (b) pengadaan sembako dan produk lainnya dengan harga yang terjangkau dengan memfungsikan BUMDES sebagai agen/grosir; (c) manajemen keuangan BUMDES mulai dari perencanaan hingga pelaporan; (d) manajemen SDM pengelola BUMDES.

Acara yang dipandu oleh Bapak Aep Saepullah, S.Ag dari Sub Bidang Hukum dan Komitmen asosiasi BUMDESA Kab.Garut. yang juga menjabat sebagai Koordinator UMART Kab. Garut itu diawali dengan sambutan dan pengarahan dari Kasi Pengembangan Lembaga Ekonomi Desa DPMD Kab. Garut, Bapak Asep Jaenuddin, serta didampingi oleh Kasi Pengembangan Usaha Ekonomi Desa DPMD Kab. Garut, Bapak Hanhan dan Bapak Cecep Sunandar dari Asosiasi BUMDES Kab. Garut. Selanjutnya, pengenalan tentang gerakan ekonomi berjamaah kerakyatan yang diinisiasi oleh Yayasan dan Pesantren Ibnu Hajar dengan brand UMART, yang disampaikan oleh Ustadz Amin Muchtar, sebagai Pembina Komunitas YIHA dan Pesantren Ibnu Hajar.

Dalam paparannya, Ustadz Amin menekankan pentingnya karya berjamaah sebagai langkah strategis untuk mengambil kembali kekuatan ekonomi masyarakat pribumi Indonesia, termasuk masyarakat Desa. Melalui karya berjamaah, sifat mementingkan diri sendiri (Ananiyyah) secara perlahan tapi pasti akan terkikis, diganti dengan sifat kebersamaan (Nahniyah).

Ustadz Amin juga menyampaikan agenda mendesak yang perlu dilakukan oleh BUMDES dan Pemerintah Desa berupa pemetaan potensi SDM serta produk unggulan di setiap desa, baik dari sektor pertanian, pertambangan, pengolahan maupun jasa. Pemetaan ini penting sebagai acuan program dan strategi pengelolaan serta pendampingan usaha BUMDES, baik dalam tahap perencanaan maupun maintenance (pemeliharaan), sehingga pengorganisasian bisnis BUMDES dilakukan secara matang, terukur, dan terarah.

Acara dilanjutkan dengan dialog santai antara Tim UMART dengan beberapa perwakilan pengurus BUMDES se-Kab.Garut seputar program pengembangan usaha BUMDES yang telah berjalan, disertai dengan penjajakan hubungan kerjasama antara UMART dengan BUMDES, baik di bidang perdagangan maupun jasa pendampingan usaha.

Hadir dalam acara itu, Ketua Bumdes Kupjen, Ketua dan Sekertaris­­ Bumdes Motekar, Ketua Bumdes Arafah Cintamanik, Ketua Bumdes R.M, Sekdes Bumdes Jaya Mukti, Ketua dan Anggota Bumdes Cinta Damai, Anggota Bumdes Citangtu, Ketua Bumdes Karya Warga, dan Ketua Bumdes Sindang Suka Cibatu.

Diharapkan dengan silaturahmi dan koordinasi ini terjalin kemitraan strategis antara UMART dengan BUMDES dalam rangka meningkatkan perekonomian desa.

Reporter: Salman AlFarisi, sigabah.com

Informasi gerakan ekonomi berjama’ah dapat dibaca selengkapnya di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *