Terkait Genosida Muslim Rohingya, Keluarga Persis Jabar Gelar Aksi Solidaritas

BANDUNG (sigabah.com)— Pimpinan Wilayah Persatuan Islam Jawa Barat bekerja sama dengan Pusat Zakat Umat Persis menggelar aksi solidaritas untuk muslim Rohingya, Senin (04/09/17). Aksi solidaritas ini diikuti oleh seluruh Keluarga Besar Persatuan Islam mulai dari Persis, Persistri, Pemuda Persis, Pemudi Persis, Hima Persis, Himi Persis, serta Ipp dan Ippi.

Acara ini dimulai dengan long march dari Kantor Pimpinan Pusat Persis menuju Gedung Sate kemudian bergerak menuju Bandung Indah Plaza hingga kembali ke lokasi semula.

Komandan aksi, Ustaz Dian Hardiana mengungkapkan, kegiatan PW Persis Jabar yang juga diikuti oleh beberapa unsur kelompok, seperti Brigez dan Bandung Fighting Club ini tidak hanya dalam rangka menyampaikan pendapat, tetapi juga bergerak dengan melakukan penggalangan donasi untuk Muslim Rohingya.

“Dalam aksi ini juga, selain orasi-orasi dan nasihat yang disampaikan kepada jamaah, juga untuk menggalang donasi dana untuk diserahkan kepada masyarakat Rohingya,” tutur Ustaz Dian Hardiana kepada sigabah.com.

Sebagaimana diketahui, ribuan muslim Rohingya saat ini telah meninggal dunia di negara bagian Rakhine, Myanmar Barat akibat pembantaian dan pembunuhan yang dilancarkan oleh rezim Myanmar.

Masalah tersebut, Ustaz Dian melanjutkan, mesti dilihat dari dua sisi sekaligus, yaitu sisi kemanusiaan dan sisi keimanan. “Dikatakan sisi kemanusiaan karena memang pembantaian dan pembunuhan ini di luar batas. Bahkan PBB mengatakan ini yang terburuk di dunia.”

“Dan persoalan keimanan juga karena kal jasadil wahid, kita dengan mereka itu bagaikan satu tubuh. Artinya, bahwa bagi kita semua sebagai orang mukmin, kesadaran untuk memberikan solidaritas, baik itu dengan bentuk suara aksi seperti ini, dana, doa, dan lain-lain itu merupakan suatu kewajiban,” ungkap beliau.

Perlu diketahui, aksi solidaritas untuk muslim Rohingya ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar. Ia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya aksi kemanusiaan ini.

By: Ikhwan Fahmi, jurnalis sigabah.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *