Ridwan Kamil Terpincut Program ‘Asyik Preneur’ Sudrajat-Syaikhu

Cagub Jabar terpilih Ridwan Kamil berjanji akan merangkul semua calon yang telah dinyatakan kalah dalam Pilgub Jabar 2018. Emil, sapaan Ridwan, akan mengadopsi program atau kerja sama kelembagaan yang dimiliki pasangan lainnya.

Menurut Emil, membangun Jabar perlu semangat kolaborasi. Salah satunya dengan mengadopsi sejumlah program unggulan dari setiap paslon.

“Jadi saya menawarkan kepada Asyik (Sudrajat-Syaikhu), jika masih punya energi dan berkenan, bantulah kami dalam lima tahun ke depan,” ujar Emil saat bertemu Sudrajat-Syaikhu di Kafe Bali, Kota Bandung, Senin (9/7/2018).

Emil mengatakan ada beberapa pilihan ditawarkan pada setiap calon yang nantinya siap bersama membangun Jabar. “Kalau memang memungkinkan ada lembaga khusus dari individu-individu teristimewa (paslon peserta Pilgub Jabar) untuk menasehati pembangunan di Jabar. Kalau itu berhasil, inilah ciri orang Jabar dalam kompetisinya ketat sedikit hangat, banyak dinamika. Tapi selesainya justru tidak saling menjauh, malah berdekatan memberikan sumbang saran,” tuturnya.

Salah satu hal yang terpikir oleh Emil dari Sudrajat-Syaikhu ialah mengadoposi program ‘Asyik Preneur’. “Termasuk saya sangat tertarik dengan gagasan ‘Asyik Preneur’. Kalau memang itu mau dijadikan sebuah program yang luar biasa difasilitasi oleh Pemprov, tentulah kita akan memaksimalkan,” ujarnya.

Dalam sesi wawancara terpisah, Emil mengaku sudah memberikan penawaran secara khusus pada Sudrajat menjadi Duta Pemprov untuk menjembatani hubungan Jabar dengan luar negeri.

“Saya kan enggak mungkin selalu pergi ke luar negeri. Nah Pak Ajat (Sudrajat) kan kapasitasnya luar biasa di situ (eks dubes China). Beliau senang tadi saya tawari di situ (duta Jabar),” ujar Emil.

Sementara itu, Sudrajat berharap calon lain mau ikut membantu Emil-Uu untuk membangun Jabar dalam lima tahun ke depan dengan tidak lagi memandang perbedaan pilihan saat masa Pilgub Jabar yang sudah rampung.

“Jauhkan perselisihan dan persengketaan yang selama ini kita berkompetisi. Kita mulai belajar bersatu dan bangun Jabar sesuai aspirasi kita. Insyaallah kita menjadi masyarakat tawadu, taqwa dan menjunjung tinggi keadilan, juga kebenaran. Insyaallah bersama Kang Emil dan Pak Uu, Jabar akan menjadi semakin maju,” tutur Sudrajat.

Di tempat yang sama, Syaikhu berharap apa yang dicita-citakannya saat kampanye bisa masuk dalam program ‘Jabar Juara’ yang digelorakan Ridwan Kamil-Uu. Sehingga, kata dia, ada kolaborasi yang dapat membawa Jabar lebih baik.

“Menurut pandangan kami yang diperlukan masyarakat Jabar adalah ‘Asyik Preneur’. Bagaimana menciptakan entrepreneur baru di Jabar dan juga untuk mengentaskan program kemiskinan dengan menciptakan lapangan kerja baru,” katanya.

Syaikhu berharap program yang akan diadopsi tersebut akan berjalan masif dibanding dijalankan oleh orang per orang. “Meski saya berjanji menang atau tidak menang akan terus melanjutkan Asyik Preneur. Kalau di supportPemprov saya yakin ini akan lebih masif dan akan luar biasa bagi masyarakat Jabar,” ujar Syaikhu.
(tro/bbn)

sigabah.com | news.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *