PP IPP-IPPI Persis Selenggarakan Jambore Nasional Pelajar Persis

BANDUNG (sigabah)—Pimpinan Pusat Pelajar Persis Putra (IPP) dan Ikatan Pelajar Persis Putri (IPPi) menyelenggarakan Jamnas (Jambore Nasional) Pelajar Persis yang bertempat di PPI 84 Ciganitri, Kab. Bandung pada 10-13 Juli 2019. Jamnas kali ini mengangkat tema “Kontribusi Pelajar Persatuan Islam sebagai Mujadid dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional Indonesia.”

Selaku Ketua Panitia, Kang Abdul Fatah menyampaikan bahwa terdapat beberapa perbedaan antara Jamnas tahun sekarang dengan Jamnas tahun-tahun sebelumnya. Jamnas perdana sampai Jamnas kelima kemarin menjadi program kerja dari HIMA HIMI, sedangkan untuk tahun ini Jamnas secara utuh menjadi tanggung jawab IPP-IPPi.

“Biasanya Jamnas ini diselenggarakan oleh HIMA-HIMI. Namun karena ada beberapa masukan dan pertimbangan maka Jamnas ke enam ini diselenggarakan langsung oleh IPP-IPPi,” kata Kang Abdul Fatah kepada sigabah.com, Kamis (11/7/19).

Adapun yang menjadi kegiatan utama pada Jamnas ini, lanjut Kang Abdul Fatah, ialah seminar, talkshow, dan perlombaan. Seminar dan talkshow diisi oleh tokoh-tokoh nasional dan tokoh-tokoh Persis yang berprestasi dalam beragam disiplin ilmu. Sedangkan perlombaan di antaranya adalah lomba memanah, debat, desain logo, film pendek, karya tulis ilmiah, dan qiraatul kutub.

Tujuan diselenggarakannya Jamnas ini ialah untuk membangun kesadaran belajar bagi pelajar Persis sebagai insan tafaquh fiddin, akademis, dan organisatoris agar senantiasa memperteguh akhlak, moral, dan nilai-nilai Islam sebagai upaya menjawab tantangan zaman dan membangun peradaban.

Selain itu, Jamnas ini juga bertujuan untuk membina potensi yang dimiliki pelajar Persis secara afektif, kognitif, dan psikomotorik untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan diridai oleh Allah Swt.

“Dan yang paling vital ialah untuk mempererat tali silaturahmi, shilatul ilmi, dan shilatul fikri pelajar persis se-Indonesia,” tutur Kang Abdul Fatah. (/IF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *