Pesantren Persis Bangil sebagai Tempat Sidang DH, Eratkan Hubungan Emosional

Bandung – persis.or.id, Memilih Pesantren Persis Bangil sebagai tempat bersidangnya Dewan Hisbah kali ini dinilai oleh ketua HMK  PP Persis (Hubungan Masyarakat dan Kelembagaan Pimpinan Pusat Persatuan Islam) , KH. Uus M. Ruhiyat, sebagai momentum mempererat hubungan emosional Bandung dengan Bangil.

Ustadz Uus menyebut, Pesantren Persis Bangil memiliki momentum bersejarah, yakni tempat guru para ulama Persis, semisal tuan A. Hassan mengabdi hingga wafat. Saat ini pesantrennya dipimpin oleh cucunya tuan A. Hassan, KH. Luthfie Abdullah Ismail.

“Semoga kehadiran para ulama Dewan Hisbah bersidang menjadi shodaqoh jariyah ilmu yang bermanfaat bagi semua”, ujar Ustadz Uus, Rabu (31/01/2018).

Ia melanjutkan bahwasanya Dewan Hisbah Persatuan Islam saat ini bersidang di Pesantren Persis Bangil dengan agenda tunggal yakni menyempurnakan thuruqul istinbath.

“Disamping menyamakan cara berijtihad, juga memperkuat produk-produk ijtihad yang selama ini dihasilkan sehingga produk ijtihad tersebut memiliki kekuatan karena didasari dengan metode ilmiah yang sering digunakan para ulama”, ungkapnya.

Senada dengan itu, ketua Dewan Hisbah, KH. Muhammad Romli, memandang perlu memperkuat thuruqul istinbath agar seluruh anggota Dewan Hisbah memiliki kesamaan dalam menentukan suatu produk hukum, sehingga meminimalisir perbedaan.

“Dengan metode yang sama saja dapat melahirkan produk hukum yang berbeda, apalagi kalau jika metodenya berbeda”, timpalnya.

sigabah.com | persis.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *