Pasangan ‘Asyik’ Beri Selamat pada Ridwan Kamil

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) mengucapkan selamat kepada Ridwan Kamil.

Ucapan selamat disampaikan pasangan Asyik di Cafe Bali, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Senin (9/7).

Ridwan Kamil mengatakan pertemuannya dengan rival dalam Pilgub Jabar itu sebagai sebuah kebetulan. Sebab, pasangan Asyik yang diusung Partai Gerindra dan PKS itu sedang berada di Bandung.

“Beliau-beliau menyampaikan ucapan selamat kepada kami terkait hasil penghitungan KPU dan tentunya kita syukuri bersama karena kompetisi (Pilgub) telah berakhir,” ujar Ridwan Kamil, Senin (9/7).

Dalam pertemuan singkat itu, Ridwan Kamil menyampaikan tujuan akhir dari kontestasi Pilgub Jabar adalah untuk kemajuan bangsa, terutama daerah.

“Untuk itu tidaklah mungkin saya seorang pribadi dan pasangan kami bisa mencapai tujuan cita-cita, tanpa kolaborasi. Maka saya menawarkan Pak Sudrajat dan Pak Syaikhu masih punya energi dan berkenan bantulah kami lima tahun ke depan dalam format-format yang nyaman dan menyesuaikan sehingga nanti kalau bisa memungkinkan ada lembaga-lembaga khusus dari individu teristimewa ini untuk menasehati pembangunan Jabar,” tuturnya.

“Kalau itu berhasil inilah ciri orang Jawa Barat dalam kompetisi ketat sedikit hangat tapi kalau sudah selesai tidak justru saling menjauh malah makin berdekatan memberikan sumbang saran,” lanjut Ridwan Kamil.

Dalam Pilgub Jabar, Ridwan Kamil berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum dan mendapatkan nomor urut 1. Ridwan yang merupakan Wali Kota Bandung dan Uu yang merupakan Bupati Tasikmalaya itu memenangkan Pilgub Jabar dengan meraih meraih 7.226.254 suara (32,88%). Hasil ini berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) KPU Jabar pada Pilkada serentak 2018. Penghitungan suara digelar di Aula Kesenian Ciamis, Minggu (8/7).

Di tempat kedua, pasangan nomor 3 Sudrajat-Ahmad Syaikhu menyusul dengan raihan 6.317.465 (28,74%). Pasangan nomor urut 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi meraih 5.663.198 atau (25,77%) suara. Sedangkan paslon nomor urut 2, TB Hasanuddin-Anton Charliyan meraih 2.773.078 (12,62%) suara.

Total suara sah sebanyak 21.979.995, dan jumlah suara tidak sah 744.338. Total 22.724.333 suara. Sedangkan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 31.730.042 pemilih.

Pilgub Jabar 2018 diikuti empat pasang calon gubernur-wakil gubernur. Kontestasi Pilkada itu dimenangkan paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Tertarik Program yang Dijanjikan Asyik

Bicara soal pertemuannya dengan pasangan Asyik hari ini, Ridwan Kamil yang akrab dengan sapaan Emil, mengaku tertarik dengan program yang disampaikan rivalnya saat kampanye Pilgub. Salah satunya program Asyikpreneur.

“Termasuk saya sangat tertarik dengan gagasan Asyikprenueur. Misalkan kalau itu mau dijadikan program luar biasa difasilitasi negara, dalam hal ini pemprov, tentu akan kita maksimalkan,” kata Emil.

Menanggapi ucapan selamat dari Asyik, Emil mengaku bersyukur. Menurut dia, sudah saatnya untuk memajukn Jawa Barat bersama-sama.

“Alhamdulillah, di hari ini semua pasangan sudah menyesuaikan dengan hasil KPU. Kami berharap masyarakat bisa mengikuti kalau para pemimpinnya sudah berdekatan sehangat ini di bawah juga mengikuti, tidak ada blok-blokan membangun Jawa Barat lima tahun ke depan,” tegasnya.

Dalam Pilgub Jabar 2018, Sudrajat (kiri) dan Ahmad Syaikhu (kanan) didukung Gerindra, PKS, dan PAN. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Asyik adalah paslon pilgub Jabar terakhir yang memberikan selamat kepada Ridwan Kamil-Uu. Sementara itu, dua paslon lain yakni TB Hasanuddin-Anton Charliyan (nomor urut 2) dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (nomor urut 4) sudah menyampaikan selamat lebih dulu.

Dua paslon itu mengucapkan selamat kepada Ridwan Kamil-Uu setelah pasangan dengan panggilan Rindu itu disebutkan sejumlah lembaga survei unggul dalam Pilgub Jabar versi perhitungan cepat (quick count).

Sementara itu, pasangan Asyik memilih menunggu hasil rekapitulasi resmi dari KPU Jabar sehingga tak menyampaikan selamat saat pasangan Rindu disebut unggul versi sejumlah quick count. Bahkan, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto pada 7 Juli 2018 menyatakan data mereka menunjukkan Asyik adalah pemenang dalam Pilgub Jabar.

“Menurut real count kami, kami yang menang di Jawa Barat. Itu hasil real count kami, dan itu sedang kita selidiki ini bisa kalah,” kata Prabowo saat ditemui di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (7/7).

Dalam Pilgub Jabar 2018 pasangan Asyik diusung Gerindra, PKS, dan PAN.

sigabah.com | cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *