MATAHOLANG MEMELIHARA SEMANGAT KURBAN NABI IBRAHIM (LIPUTAN HARI I)

Sigabah.com – (Bandung). Jumat 11 Dzulhijjah 1436 H/25 September 2015, jam tangan panitia Tebar Qurban dan Rihlah Dakwah telah menunjukan jam 05.30 waktu setempat. Pagi itu, kelompok studi agama, pendidikan, dan sosial, bernama Mataholang Center, akan melaksanakan program Tebar Qurban dan Rihlah Dakwah. Aksi demikian itu merupakan salah satu program unggulan lembaga Mataholang Center, di bawah koordinasi Divisi sosial. Aksi Mataholang seperti ini telah dilaksanakan setiap tahun, dan sekarang telah memasuki putaran ke-5 (5 tahun) dengan melibatkan 33 orang keluarga besar Mataholang Center.

Tebar Qurban 1Peserta Tebar Qurban Sarapan pagi di Aula Masjid al-Fitrah PT.Pindad

Tebar kurban kali ini mengambil lokasi di dusun Karang Gintung, desa Karang Gintung kecamatan Sidareja, kabupaten Cilacap, yang difasilitasi oleh H.Nano atau pupuler dengan sebutan Mas Haji Gondrong. Di lokasi ini, Mataholang Center menebarkan 3 ekor sapi. Selain di tempat ini Mataholang Center menebarkannya pula ke daerah Kadupugur Ciamis (1 ekor domba), Cibedug Lembang (2 ekor domba), Cipedes Paseh (1 ekor domba) dan Cisurupan Kabupaten Garut (1 ekor domba).

Alhamdulillaah pada putaran ke-5 ini, Mataholang Center dapat menebarkan 3 ekor sapi dan 5 ekor domba amanat para kurbani.

Tebar Qurban 2
H.Nano atau Mas Haji Gondrong

Beberapa lokasi tebar kurban yang telah dikunjungi Mataholang Center meliputi: Cikelet Kabupatun Garut (putaran ke-1 1432 H/2011 M), Cililin Kabupaten Bandung (Putaran ke-2 1433 H/2012 M). Selain di daerah tersebut ditebar pula ke Cipedes-Paseh Kabupaten Bandung. Putaran ke-3 (1434 H/2013) di daerah Cidaun-Cianjur, Cipedes Paseh dan Cililin. Sementara putaran ke-4 mengambil lokasi Kadudampit-Cianjur, Cipedes-Paseh dan Kadupugur Ciamis (1435 H/2014 M).

Tebar Qurban 3
Pengarahan dari Ketua Panitia sebelum berangkat menuju Cilacap, Jawa tengah, di halaman parkir RS.Pindad

Dari Bandung menuju lokasi tebar kurban, putaran ke-5, ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 6 (enam) jam. Berangkat dari tempat check in peserta di aula masjid al-Fitrah PT.Pindad, Bandung, mulai pukul 6.45, dengan menggunakan 4 kendaraan roda 4: Honda CRV, Toyota Avanza, Suzuki Apv, dan sebuah Elf. Diharapkan tiba di lokasi, rumah H.Gondrong, pukul 12 WIB

Rute perjalanan melalui pintu tol Buah Batu dan keluar dari pintu tol Cileunyi. Selanjutnya, Limbangan—Lewo—Malangbong, dan transit di SPBU dan Masjid Hassanurrohmah, Pamoyanan-Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, pukul 9.11. WIB.

Tebar Qurban 4
Ketua Panitia Tebar Kurban Mataholang Center di SPBU Kadipaten

Tebar Qurban 5

Rombongan Mataholang Center rehat di SPBU & Masjid Kadipaten

Pukul 9.45 WIB, rombongan meninggalkan lokasi SPBU, kembali bergerak melanjutkan perjalanan. Selanjutnya, rombongan melalui alun-alun Ciawi—Rajapolah, di Tasikmalaya, untuk kemudian mengambil “jalur atas” menuju Cihaur Beuti—Sindang Kasih, dan melintasi alun-alun Ciamis, pukul 10.42 WIB. Lepas Ciamis pukul 11.09 WIB masuk kota Banjar, melewati kantor Walikota Banjar, selanjutnya meninggalkan kota Banjar menuju Cilacap melalui jalur Wanareja. Pukul 11.28 WIB perjalanan agak terhambat sedikit karena perbaikan jalan hingga 11.31 WIB.

Tebar Qurban 6
Terjadi kemacetan di Jl.Raya Majenang

Pukul 11.38 WIB memasuki pasar Wanareja, belok kanan menuju desa Karang Gintung yang berjarak 15 KM dari situ. Melewati BNK Cilacap—Yonif 405 Surya Kusuma, dan berhenti sejenak di Kecamatan Cipari pukul 12.08 hingga 12.17 WIB.

Pukul 12.33 WIB melewati Balai Desa Wangunrejo, selanjutnya melalui jalan kecil, hanya cukup satu mobil, lagi berkelok dan berbatu memasuki pasar Wanareja, belok kanan menuju desa Karang Gintung yang berjarak 15 KM dari situ. Melewati BNK Cilacap—Yonif 405 Surya Kusuma, dan berhenti sejenak di Kecamatan Cipari pukul 12.08 hingga 12.17 WIB.

Rombongan melaju kembali melewati pasar dan terminal Jl. A.Yani, selanjutnya Jl. Sudirman, lalu Pintu kereta api stasiun Sidareja. Pukul 12.48 WIB tiba di pertigaan menuju dusun Karang Gintung. Pukul 13.00 WIB, rombongan tiba di rumah Mas Haji Gondrong. Selanjutnya rombongan beristirahat untuk menyiapkan acara tablig akbar, yang sedianya akan diselenggarakan pukul 20.00 waktu setempat.

Tebar Qurban 7
Pribumi Mas Haji Gondrong menerima rombongan Mataholang Center

By Sie Dokumentasi Panitia Tebar Kurban & Rihlah Dakwah Mataholang Center, sigabah.com/beta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *