Marhaban Para Kader Ulama di Pesantren Ibnu Hajar

BANDUNG (sigabah.com)—Sebanyak 19 calon santri mengikuti tes akademik Pesantren Ibnu Hajar thabaqah/angkatan ketiga, Senin (10/12/18) di Pendopo Pesantren Ibnu Hajar. Ini merupakan tahapan bagi calon santri dalam menentukan level atau kelas yang akan dimasuki.

Sebagaimana sebelumnya, Pesantren Ibnu Hajar memiliki tiga level belajar. Level tersebut adalah dasar/tingkat 1 (al-mustawa al-awwal), menengah/tingakt 2 (al-mustawa al-tsani), dan mahir/tingkat 3 (al-mustawa al-tsalits). Kelas tersebut berhak dimasuki sesuai dengan keahlian calon santri dalam mata pelajaran Bahasa Arab.

Pimpinan Pesantren, Ustaz Apad Ruslan menyampaikan, pihak pesantren sudah menyiapkan sarana dan prasarana belajar dengan kehadiran santri baru. Semuanya diusahakan dan dimaksimalkan dapat membuat para santri nyaman ketika belajar mengajar tengah berlangsung.

Selain itu, Ustaz Apad melanjutkan, yang menjadi harapan Pesantren Ibnu Hajar adalah terciptanya kaderisasi ulama yang tafaqquh fiddin.

“Sesuai dengan isyarat al-Quran, jangan semuanya pergi ke medan perang, jangan semuanya pergi untuk kasab, tapi harus ada sekelompok yang tafaqquh fiddin,” tutur beliau. (/IF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *