Preloader logo

MAHKOTA SUNNAH (01): SHAHIH AL-BUKHARI (Bagian Ke-14)

Pada edisi sebelumnya telah ditampilkan berbagai upaya para ulama dalam menemukan solusi atas kesulitan dalam pelacakan hadis yang disebut secara berulang dalam Shahih al-Bukhari, juga analisa terhadap tiga metode takrar (pengulangan hadis) secara praktik: (1) Taqthi’, yaitu memenggal atau membagi satu hadis dalam beberapa tempat. (2) Ikhtishar, yaitu meringkas hadis dengan membuang sesuatu daripadanya. (3) Ta’liq, yaitu membuang  seorang rawi atau lebih pada silsilah jalur periwayatan (sanad).

Pada edisi ini, akan ditampilkan jumlah hadis yang terkandung dalam Shahih al-Bukhari, juga kriteria penjumlahan hadis yang digunakan para ulama.

 

Kriteria Penjumlahan Hadis

Ibn as-Shalah[1] (W. 643  H/1245 M) menerangkan bahwa jumlah hadis dalam Shahih al-Bukhari sebanyak 7.275, bila dihitung dengan pengulangan. Namun bila dihitung tanpa pengulangan, jumlahnya mencapai 4.000 hadis. Penghitungan Ibn as-Shalah diikuti oleh an-Nawawi pada kitabnya al-Taqrib wa al-Taisir.[2] Menurut al-‘Iraqi[3] (W. 806 H/1403 M), penghitungan ini merujuk pada periwayatan al-Firabri. Namun, berdasarkan periwayatan murid al-Bukhari lainnya, yaitu Hammad bin Syakir, jumlah itu dikurangi 200 hadis (3.800). Sedangkan menurut periwayatan murid lainnya, Ibrahim bin Ma’qil, jumlah itu dikurangi 300 hadis (3.700).[4]

Menurut Ibn Hajar, “Mereka mengatakan ini karena bertaklid (meniru) kepada al-Hamawi[5] (W. 380 H/990 M). Sebab ia mencatat Shahih al-Bukhari dari al-Firabri, dan menghitung semua bab (bab masuk dalam penghitungan), lalu ia menjumlahkan seluruhnya. Kemudian generasi berikutnya bertaklid kepadanya, karena ia dipandang sebagai perawi kitab Shahih al-Bukhari serta memiliki perhatian yang cukup memadai terhadap kitab itu”[6]

Meskipun demikian, Ibn Hajar menyatakan bahwa Ibn as-Shalah dengan penjumlahan itu tidak bermaksud menghitung kuantitas hadis pada Shahih al-Bukhari, tetapi sebagai catatan pelengkap guna mengkritisi pernyataan Ibn al-Akhram dalam menanggapi ucapan al-Bukhari, “Saya hafal 100.000 hadis sahih”. Karena menurut Ibn al-Akhram, pada Shahih al-Bukhari jumlahnya tidak mencapai ukuran itu. [7]

Kemudian Ibn Hajar berupaya melakukan penghitungan secara cermat, serta mengkaji ulang hasil penghitungan ulama sebelumnya. Kecermatan ini tampak jelas pada setiap akhir pembahasan kitab. Beliau menerangkan jumlah hadis marfu’ maushul, mu’allaq, mutaba’at, perkataan sahabat dan tabi’in. Sebagai contoh pada kitab at-tayammum. Setelah selesai memberikan syarh (komentar) terhadap berbagai bab dan hadis pada topik ini, beliau menyatakan.

خَاتِمَةٌ إِشْتَمَلَ  كِتَابُ التَّيَمُّمِ مِنَ الأَحَادِيْثِ الْمَرْفُوْعَةِ عَلَى سَبْعَةَ عَشَرَ حَدِيْثًا الْمُكَرَّرُ مِنْهَا عَشْرَةٌ مِنْهَا اثْنَانِ مُعَلَّقَانِ وَالْخَالِصُ سَبْعَةٌ مِنْهَا وَاحِدٌ مُعَلَّقٌ وَالْبَقِيَّةُ مَوْصُوْلَةٌ وَافَقَهُ مُسْلِمٌ عَلَى تَخْرِيْجِهَا سِوَى حَدِيْثِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ الْمُعَلَّقِ وَفِيْهِ مِنَ الْمَوْقُوْفَاتِ عَلَى الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ عَشْرَةُ آثَارٍ مِنْهَا ثَلاَثَةٌ مَوْصُوْلَةٌ وَهِيَ فَتْوَى عَمْرٍو وَأَبِيْ مُوْسَى وَابْنِ مَسْعُوْدٍ وَمِنْ بَرَاعَةِ الْخِتَامِ الْوَاقِعَةِ لِلْمُصَنِّفِ فِي هذَا الْكِتَابِ خَتْمُهُ كِتَابَ التَّيَمُّمِ بِقَوْلِهِ فَإِنَّهُ يَكْفِيْكَ إِشَارَةَ إِلَى أّنَّ الْكِفَايَةَ بِمَا أَوْرَدَهُ تَحْصُلُ لِمَنْ تَدَبَّرَ وَتَفَهَّمَ وَاللهُ سبحانه وتعالى أعلم

“[Penutup] Kitab al-Tayammum memuat hadis-hadis marfu’ sebanyak 17 hadis. Sepuluh di antaranya disebut secara berulang, dua di antaranya mu’allaq. Dan yang murni sebanyak tujuh hadis, satu di antaranya mu’allaq, sedangkan yang lain maushul dan disepakati oleh Muslim selain hadis ‘Amr bin al-‘Ash yang mu’allaq. Dan pada kitab ini terdapat hadis-hadis mauquf dan maqthu sebanyak 10 atsar. 3 di antaranya maushul, yakni fatwa ‘Amr, Abu Musa, dan Ibn Mas’ud. Dan di antara kepandaian penyusun pada kitab ini adalah mengakhiri kitab al-tayammum dengan sabda Nabi ‘fainnahu yakfika’ sebagai isyarat bahwa merasa cukup dengan apa yang beliau sampaikan akan tercapai bagi orang yang tadabbur dan tafahhum (memahami secara bertahap). Wallahu A’lam.” [8]

Setelah merinci jumlah hadis pada setiap kitab, Ibn Hajar berkesimpulan bahwa jumlah hadis dengan pengulangan sebanyak 9.082 hadis, dengan perincian sebagai berikut:

 

Hadis marfu muttashil                      = 7.397

Hadis marfu mu’allaq                        = 1.341

Hadis mutaba’at                                  =    341

Jumlah                                                 = 9.082.[9]

 

Jumlah ini tidak mencakup hadis mauquf (bersumber dari sahabat) dan maqthu (bersumber dari tabi’in). Dengan demikian, terdapat perbedaan jumlah hadis marfu muttashil antara versi Ibnu Hajar (7.397) dengan Ibn as-Shalah (7.275) sebanyak  122 hadis.

Setelah selesai melakukan penghitungan, Ibn Hajar mengatakan, “Penghitungan yang telah aku lakukan terhadap jumlah hadis pada Shahih al-Bukhari merupakan hasil yang maksimal. Allah telah membukakan (pintu) dengannya. Aku tidak mengetahui orang yang lebih dahulu melakukan itu daripadaku, dan aku mengakui tidak ma’shum dari kesalahan dan kekeliruan. Hanya Allah-lah yang layak untuk dimintai pertolongan.”[10]

Sejauh pengetahuan kami, tidak ada ulama yang mengoreksi dan mengkritisi hasil penghitungan Ibn Hajar di atas. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penghitungan Ibn Hajar dianggap paling akurat.

Hasil penghitungan ini diakui pula oleh para pakar hadis generasi pasca Ibn Hajar, juga pada zaman modern sekarang ini, semisal Dr. Ajaj al-Khatib,[11] Dr. Muhamad Muhamad Abu Syahbah,[12] Dr. Muhamad Muhamad Abu Zahu,[13] dan ahli hadis lainnya. Meskipun demikian, terjadi perbedaan penghitungan di antara mereka ketika mengungkap rincian hasil penghitungan Ibn Hajar di atas. Adapun keterangannya sebagai berikut:

a) versi Ahmad bin Muhamad al-Qashthalani

a) Hadis marfu muttashil                 = 2.602

Hadis mu’allaq yang tidak

di-maushul-kan pada tempat lain   =    159

Jumlah selurunya                               = 2.761  (tanpa pengulangan)

b) Hadis marfu muttashil                 = 7.397

Hadis marfu mu’allaq                       = 1.341

Hadis mutaba’at                                 =    344

Jumlah seluruhnya[14]                     = 9.082 (dengan pengulangan)

 

b) versi al-Suyuthi

a) Hadis marfu muttashil                    = 2.513

Hadis mu’allaq yang tidak

di-maushul-kan pada tempat lain      =    160

Jumlah selurunya                                  = 2.673  (tanpa pengulangan)

b) Hadis marfu muttashil                    = 6.397

Hadis marfu mu’allaq                          = 1.341

Hadis mutaba’at                                    =    384

Jumlah seluruhnya[15]                         = 8.122 (dengan pengulangan)

 

c) versi Ahmad Muhamad Syakir

a) Hadis marfu muttashil                    = 2.602

Hadis mu’allaq yang tidak

di-maushul-kan pada tempat lain      =    159

Jumlah selurunya                                   = 2.761  (tanpa pengulangan)

b) Hadis marfu muttashil                     = –

Hadis marfu mu’allaq                            = –

Hadis mutaba’at                                      = –

Jumlah seluruhnya[16]                          = 9.082 (dengan pengulangan)

 

d) versi Muhamad Mahfuzh bin Abdullah al-Tirmisi

a) Hadis marfu muttashil                    = 2.513

Hadis mu’allaq yang tidak

di-maushul-kan pada tempat lain      =    160

Jumlah selurunya                                   = 2.673  (tanpa pengulangan)

b) Hadis marfu muttashil                     = 6.397

Hadis marfu mu’allaq                            = 1.341

Hadis mutaba’at                                      =    384

Jumlah seluruhnya[17]                           = 8.122 (dengan pengulangan)

 

e) versi Dr. Muhamad Muhamad Abu Syahbah

a) Hadis marfu muttashil                    = 2.602

Hadis mu’allaq yang tidak

di-maushul-kan pada tempat lain      =    159

Jumlah selurunya                                   = 2.761  (tanpa pengulangan)

b) Hadis marfu muttashil                     = 7.397

Hadis marfu mu’allaq                            = 1.341

Hadis mutaba’at                                      =    344

Jumlah seluruhnya[18]                          = 9.082 (dengan pengulangan)

 

f) versi Dr. al-Husaini ‘Abd al-Majid Hasyim

a) Hadis marfu muttashil                    = 2.460

Hadis mu’allaq yang tidak

di-maushul-kan pada tempat lain      =    159

Jumlah selurunya                                   = 2.623  (tanpa pengulangan)

b) Hadis marfu muttashil                    = 7.397

Hadis marfu mu’allaq                          = 1.341

Hadis mutaba’at                                    =    344

Jumlah seluruhnya[19]                         = 9.082 (dengan pengulangan)

 

g) versi Muhamad bin al-Husain al-‘Iraqi

a) Hadis marfu muttashil                    = 2.302

Hadis mu’allaq yang tidak

di-maushul-kan pada tempat lain      =    159

Jumlah selurunya                                   = 2.761  (tanpa pengulangan)

b) Hadis marfu muttashil                   = 7.397 (dengan pengulangan)

Hadis marfu mu’allaq                          =     –

Hadis mutaba’at                                    =     –

Jumlah seluruhnya[20]                        =    –

 

h) versi Dr. Mushthafa Husni al-Siba’i

a) Hadis marfu muttashil                   = 2.602

Hadis mu’allaq yang tidak

di-maushul-kan pada tempat lain     =    –

Jumlah selurunya                                  = 2.602  (tanpa pengulangan)

b) Hadis marfu muttashil                    = 7.397 (dengan pengulangan)

Hadis marfu mu’allaq                          =      –

Hadis mutaba’at                                    =      –

Jumlah seluruhnya[21]                         =     –

 

i) versi Dr. Muhamad Dhiya al-Rahman al-A’zhami

a) Hadis marfu muttashil              = 2.762

Hadis mu’allaq yang tidak

di-maushul-kan pada tempat lain=  –

Jumlah selurunya                           = 2.762  (tanpa pengulangan)

b) Hadis marfu muttashil             =    –

Hadis marfu mu’allaq                    =   –

Hadis mutaba’at                              =   –

Jumlah seluruhnya[22]                          = 9.082 (dengan pengulangan)

Hasil verifikasi di atas menunjukkan bahwa para ulama yang ittiba’ terhadap hasil penghitungan Ibn Hajar, berbeda pendapat dalam mengungkap rincian hasil penghitungan tersebut.

Di samping para ulama yang ittiba’ kepada Ibn Hajar seperti di atas, terdapat ulama lain yang berijtihad melakukan penghitungan ulang terhadap seluruh hadis pada Shahih al-Bukhari, yaitu Syekh Muhamad Fuad Abd al-Baqi, Dr. Musthafa Daib al-Bugha, dan Tim Syirkah al-‘Alamiah li al-Baramij.

Hasil penghitungan Abd al-Baqi menunjukkan bahwa jumlah hadis marfu’ muttasil dengan pengulangan sebanyak 7.563 hadis. Ini berarti terdapat perbedaan sebanyak 166 hadis dengan penghitungan Ibn Hajar (7.397) dan 288 hadis dengan penghitungan Ibn al-Shalah (7.275). Sedangkan tanpa pengulangan, versi Abd al-Baqi sebanyak 2.607. Hasil penghitungan Abd al-Baqi, diaplikasikan dalam bentuk penomoran hadis-hadis pada Shahih al-Bukhari. Setiap hadis yang mengalami pengulangan diberikan keterangan tempat pengulangannya dengan ungkapan athrafuhu (misalnya hadis No. 67, pengulangannya terdapat pada No. 105, 1741, 3197, 4407, 4662, 5550, 7078, 7447)

Penomoran Syekh Abd al-Baqi telah dicetak bersama Fath al-Bari Syarh Shahih al-Bukhari, karya Ibnu Hajar al-Asqalani, terbitan Maktabah al-Salafiyyah, Kairo, tahun 1380 H/1960 M. sebanyak 13 juz dan satu Muqaddimah (pengantar).

Hasil penghitungan Abd al-Baqi ini dianggap paling cermat pasca Ibn Hajar. Karena itu dijadikan rujukan oleh hampir seluruh penerbit Shahih al-Bukhari dan syarh-nya Fath al-Bari yang telah mendapatkan tahqiq (editing) dari para ulama abad XX, seperti Dr. Muhib al-Din al-Khatib dan Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz.[23]

Meskipun demikian, ada pula hasil penghitungan ulama lain yang berbeda dengan Abd al-Baqi, yaitu Dr. Mushthafa Daib al-Bugha dan Tim Syirkah al-‘Alamiah li al-Baramij. Hasil penghitungan Dr. Daib menunjukkan bahwa jumlah hadis itu dengan pengulangan sebanyak 7.124 hadis. Ini berarti terdapat perbedaan sebanyak 273 hadis dengan penghitungan Ibn Hajar (7.397), 151 hadis dengan Ibn al-Shalah (7.275), dan 439 hadis dengan Abd al-Baqi (7.563)

Hasil penghitungan Dr. Daib, diaplikasikan dalam bentuk penomoran hadis-hadis pada syarh Shahih al-Bukhari yang disusunnya, pada bulan Muharram 1397 H/1976 M. Setiap hadis yang mengalami pengulangan diberikan keterangan tempat pengulangannya dengan kode ر: (kata perintah singkatan dari رَأَى, artinya “lihatlah”). misalnya hadis No. 1.

ر: 54, 2329, 3685, 4783  ,6311, 6553 . (pengulangannya) lihat No. 54, 2329, 3685, 4783, 6311, 6553

Penomoran Dr. Daib telah dicetak bersama syarh Shahih al-Bukhari yang disusunnya dan telah diterbitkan secara digital (software atau CD) versi 1.08 dalam muhaddith program versi 8.61 oleh Muassasah Madrasah, Washington DC, USA.

Hasil penghitungan Dr. Daib dijadikan rujukan oleh penerbit Shahih al-Bukhari Dar Ibn Katsir al-Yamamah, Beirut, 1987, sebanyak 6 juz serta diterbitkan dalam bentuk digital (software atau CD) oleh Pusat Penelitian al-Turats, Amman, Yordania, dalam Al-Maktabah al-Alfiyah li Sunnah al-Alfiyyah,  versi 1.5. tahun 1419 H/1999 M dan Thalib al-‘Ilm al-Syar’i, versi 2.0 tahun 1420 H/1999 M.

Dalam pada itu hasil penghitungan Tim Syirkah al-‘Alamiah li al-Baramij menunjukkan bahwa jumlah hadis itu dengan pengulangan sebanyak 7.008 hadis. Ini berarti terdapat perbedaan sebanyak 389 hadis dengan penghitungan Ibn Hajar (7.397), 267 hadis dengan Ibn al-Shalah (7.275), 555 hadis dengan Abd al-Baqi (7.563), dan 116 hadis dengan Dr. Daib al-Bugha (7.124)

Hasil penghitungan Tim ini, diaplikasikan dalam bentuk penomoran hadis-hadis pada Shahih al-Bukhari versi digital (software atau CD) Maushu’ah al-Hadits al-Syarif,  versi 1.2., tahun 1991-1996.

Keterangan-keterangan di atas menunjukkan bahwa hasil penghitungan hadis marfu’ muttashil pada Shahih al-Bukhari berkembang menjadi lima versi sebagai berikut:

 

Tabel 1. Hadis Marfu’ Muttashil Shahih al-Bukhari

Nama Peneliti Ibn al-Shalah Ibn Hajar Fuad Abd al-Baqi Dr. Daib al-Bugha Tim Syirkah               al-‘Alamiah
Jumlah Hadis 7.275 7.397 7.563 7.124 7.008

Analisa terhadap variasi hasil perhitungan di atas akan disampaikan pada edisi selanjutnya.

 

By Amin Muchtar, sigabah.com

 

[1]Lihat, No. 2

[2]Lihat, Muqaddimah Ibn al-Shalah, op.cit., hal. 23; al-Suyuthi, Tadrib al-Rawi, Dar el-Fikr, 1993, hal. 59-61.

[3]Namanya Abdurrahim bin al-Husain bin Abdurrahman bin Abu Bakr al-Iraqi, lahir pada 21 Jumadil Ula 725 H/5 Mei 1325 M. Mulai menghafal Alquran serta belajar ilmu qiraat dan bahasa Arab pada usia 8 tahun. Memasuki usia 12 tahun, beliau mulai serius menekuni ilmu hadis, dengan menemui para ulama Kairo, seperti Muhamad bin Ismail bin al-Muluk. Kemudian melakukan rihlah untuk belajar kepada para ulama di 36 kota, antara lain Taqy al-Din al-Subki di Damaskus. Beliau salah seorang ulama yang produktif. Banyak karya ilmiah dalam berbagai bidang lahir dari tangannya. Yang paling dikenal adalah Alfiyah Mushthalah al-Hadits dan syarh-nya Fath al-Mughits, dalam bidang ‘ulum al-hadits. (Lihat, Muhamad bin al-Husain al-‘Iraqi, al-Tabshirah wa al-Tadzkirah: Syarh al-Fiyah al-‘Iraqi, Dar al-Kutub al-Ilmiyah, Beirut, t.t. I:9-19)

[4]Lihat, Fath al-Mughits bi Syarh Alfiyah al-Hadits, Muassasah al-Kutub al-Tsaqafiyah, 1995, hal. 16.

[5]Namanya Abdullah bin Ahmad bin Hamawaih al-Sarkhasi. Al-Hamawi adalah nisbah kepada kakeknya bernama Hamawaih.  Ia menerima Shahih al-Bukhari dari al-Firabri (Lihat, ‘Irfan al-Asya Hasunah,  Tahqiq ‘ala Tadrib al-Rawi, op.cit. hal. 60)

[6]Lihat, Al-Suyuthi, op.cit. hal. 60.

[7]Lihat, Al-Suyuthi, loc.cit.

[8]Lihat, Fath al-Bari, Dar el-Rayan li al-Turats, Kairo, 1986, I:545. Data ini dikomparasi dengan lima versi Hady al-Sari lainnya. Semuanya menunjukkan angka yang sama, yakni 7.397 + 1.341+ 341 = 9.082 hadis. Namun setelah dilakukan penghitungan ulang terhadap rinciannya, ternyata menghasilkan jumlah yang berbeda, yaitu 7.397 + 1.341+ 341 = 9.079. Hal ini berarti pada hasil penghitungan Ibn Hajar terjadi perbedaan antara rincian dan penjumlahan, sebanyak 3 angka. Penghitungan ulang yang kami lakukan terhadap hasil penghitungan Ibn Hajar merupakan upaya yang maksimal. Kami tidak luput dari kesalahan dan kekeliruan. Hanya Allah-lah yang layak untuk dimintai pertolongan.

[9]Lihat, Hady al-Sari, op.cit., hal. 492-493

[10]Lihat, Hady al-Sari, op.cit., hal. 493

[11]Dosen hadis pada Fakultas Syariah, Universitas Damaskus, Siria (Lihat, Ushul al-Hadits, op.cit., hal. 312)

[12]Dosen ‘ulum al-quran dan hadis pada Universitas al-Azhar, Mesir & Umm al-Qura, Mekah (Lihat, Fi Rihab al-Sunnah, op.cit., hal. 73-74)

[13]Dosen hadis pada Fakultas Ushuluddin, Universitas al-Azhar (Lihat, al-Hadits wa al-Muhadditsun, Dar al-Kitab al-‘Arab, Beirut, 1984, hal. 379)

[14]Angka tersebut menunjukkan bahwa terjadi perbedaan antara al-Qashthalani (344 hadis) dengan Ibn Hajar (yang diikutinya, sebanyak 341 hadis) dalam merinci hadis mutaba’at. Jika rincian al-Qashthalani yang dijadikan rujukan, maka hasilnya 7.397 + 1.341 + 344 = 9.082.Lihat, Irsyad al-Sari, Dar el-Kutub al-Ilmiyah, Beirut, 1996, I:40-41.

[15]Angka tersebut menunjukkan bahwa terjadi perbedaan antara al-Suyuthi dengan Ibn Hajar (yang diikutinya) dalam rincian dan penjumlahan. Versi Ibn Hajar 7.397 + 1.341+ 341 = 9.082 hadis, sedangkan versi al-Suyuthi 6.397 + 1.341 + 384 = 8.122 hadis.Lihat, Tadrib al-Rawi, op.cit., hal. 60..

[16]Ahmad Muhamad Syakir tidak menyebut angka rinciannya, tetapi hanya menulis angka penjumlahannya (9.082 hadis). Lihat, al-Ba’its al-Hatsits, op.cit., hal. 23; Tahqiq ‘ala Alfiyah al-Suyuthi, Mathba’ah ‘Isa al-Babi al-Halabi, Mesir, t.t. hal. 11.

[17]Angka rincian dan penjumlahan tersebut menunjukkan bahwa Muhamad al-Tirmisi ittiba’ (mengikuti) kepada al-Suyuthi. Lihat, Manhaj Dzawi al-Nazhar, Dar el-Fikr, 1981, hal. 22

[18]Angka rincian dan penjumlahan tersebut menunjukkan bahwa Abu Syahbah ittiba’ (mengikuti) kepada al-Qashthalani. Lihat, Fi Rihab al-Sunnah, op.cit., hal. 73-74.

[19]Angka rincian dan penjumlahan tersebut menunjukkan bahwa Dr. Al-Husaini ittiba’ (mengikuti) kepada al-Qashthalani Lihat, al-Imam al-Bukhari Muhadditsan wa Faqihan, op.cit., hal. 157

[20]Muhamad bin al-Husain hanya menyebut salah satu rincian, yakni hadis marfu’ muttashil sebanyak 7.397. Karena itu penjumlahan hadis tersebut versi beliau menjadi tidak jelas. Lihat, al-Tabshirah wa al-Tadzkirah: Syarh al-Fiyah al-‘Iraqi, op.cit., I:47

[21]Dr. Al-Siba’i hanya menyebut salah satu rincian, yakni hadis marfu’ muttashil sebanyak 7.397. Karena itu penjumlahan hadis tersebut versi beliau menjadi tidak jelas Lihat, al-Sunnah wa Makanatuha fi al-Tasyri’ al-Islami, Dar el-Kumiyah, Kairo, t.t., hal. 157

[22]Dr. Dhiya al-Rahman hanya menyebut angka penjumlahan tanpa disertai keterangan tentang rincian itu. Lihat, Dirasat fi al-Jarh wa al-Ta’dil, op.cit., hal. 390

[23]Lihat, Shahih al-Bukhari, terbitan Dar el-Fikr, 1994 & 1995 (bihasyiah al-Sindi); Dar al-Salam, Riyadh, 1997; Demikian pula Fath al-Bari, terbitan Dar el-Fikr, Beirut, 1996 & 2000; Dar el-Rayan li al-Turats, Kairo, 1987, Maktabah al-‘Ashriyyah, Beirut, 2000; Dar el-Kutub al-‘Ilmiyah, Beirut,1989.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#main-content .dfd-content-wrap {margin: 0px;} #main-content .dfd-content-wrap > article {padding: 0px;}@media only screen and (min-width: 1101px) {#layout.dfd-portfolio-loop > .row.full-width > .blog-section.no-sidebars,#layout.dfd-gallery-loop > .row.full-width > .blog-section.no-sidebars {padding: 0 0px;}#layout.dfd-portfolio-loop > .row.full-width > .blog-section.no-sidebars > #main-content > .dfd-content-wrap:first-child,#layout.dfd-gallery-loop > .row.full-width > .blog-section.no-sidebars > #main-content > .dfd-content-wrap:first-child {border-top: 0px solid transparent; border-bottom: 0px solid transparent;}#layout.dfd-portfolio-loop > .row.full-width #right-sidebar,#layout.dfd-gallery-loop > .row.full-width #right-sidebar {padding-top: 0px;padding-bottom: 0px;}#layout.dfd-portfolio-loop > .row.full-width > .blog-section.no-sidebars .sort-panel,#layout.dfd-gallery-loop > .row.full-width > .blog-section.no-sidebars .sort-panel {margin-left: -0px;margin-right: -0px;}}#layout .dfd-content-wrap.layout-side-image,#layout > .row.full-width .dfd-content-wrap.layout-side-image {margin-left: 0;margin-right: 0;}