Kuatkan Dakwah di Pulau Sumatera, PP Persis Laksanakan Safari dan Pembinaan

Lampung – Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) melalui bidang Dakwah beserta Dewan Hisbah-nya melakukan safari dan pembinaan pada sejumlah Pimpinan Wilayah (PW), Pimpinan Daerah (PD) dan Pimpinan Cabang (PC) yang ada di Pulau Sumatera, Senin (11/02/2019).

Safari Dakwah PP Persis itu tak hanya menyentuh Pulau Sumatera, tetapi juga pulau-pulau lain di Indonesia. Ditargetkan Safari dan Pembinaan Dakwah PP Persis akan singgah di 24 kota dan Kabupaten dari 8 Provinsi, dimulai bulan Februari hingga Juli 2019 mendatang.

Adapun agenda bidang Dakwah bersama Dewan Hisbah di pulau Sumatra selama beberapa hari (11-20/02/2019) adalah sebagai berikut;

    • Sesi I : Senin 11 Februari 2019 di PW Persis Lampung (Bandar Lampung)

    • Sesi II : Selasa 12 Februari 2019 di PW Persis Sumatra Selatan (Kota Palembang)

    • Sesi III : Rabu 13 Februari 2019 di PW Persis Riau (Kota Pekanbaru)

    • Sesi IV : Sabtu 16 Februari 2019 di PW Persis Sumatra Utara (Kota Medan)

    • Sesi V : Senin 18 Februari 2019 di PW Sumatra Barat (Kota Padang)

    • Sesi VI : Selasa  19 Februari 2019 di PC Persis Ipuh dan Pondok Suguh (Bengkulu)

    • Sesi VII : Rabu 20 Februari 2019 di PD Persis Pagar Alam (Sumatra Selatan)

Rombongan PP Persis tersebut berangkat pukul 22.00 WIB dari Pesantren Persis Ciganitri, Ahad (10/02/2019) dan tiba di Lampung hari Senin pukul 14.00. Secara resmi acara pembinaan dimulai bada ashar hingga pukul 21.30.

Rombongan dari bidang Dakwah PP, nampak terlihat Ketua, Sekretaris, bidang PDKPI, bidang Haji, sementara itu dari Dewan Hisbah diwakili oleh Ust Amin Mukhtar. Rombongan dikawal  langsung oleh komandan Brigade Pusat Bang Sam Day dan ikut pula bendahara H2QM H Eyep Saefulloh.

Sebelum ke lokasi tempat pertemuan, rombongan singgah terlebih dulu di rumah sekretaris PW Persis, Ust Gozali dan Staf PW Ust Hilman beserta yang lainnya.

“Setelah rehat sejenak, kami melanjutkan perjalanan ke Anak Tuha, sekitar 16 jam perjalanan akhirnya kami sampai di sana sekitar jam 14 hari Senin dan disambut oleh barisan Brigade”, ungkap Ust Deni Sholehudin, ketua bidgar Pengembangan Dakwah dan Kajian Pemikiran Islam (PDKPI PP Persis)

Lokasi yang terletak di dusun Bangun Jaya Desa Jaya Sakti Kecamatan Anak Tuha kabupaten Lampung Tengah itu, Rombongan PP Persis itu sudah ditunggu oleh ketua PW Persis Lampung, Pak Roza’i dan tasykil PD PC se PW Lampung.

Dalam sambutannya, tuan rumah merasa gembira dengan kedatangan PP Persis dan berharap  terus berlanjut.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Bidang Dakwah PP Persis KH. Zae Nandang memberi penguatan spirit dakwah. Senada dengan itu, ketua bidgar PDKPI juga mengingatkan estafeta dakwah Islam yang diemban oleh jamiyyah Persatuan Islam, mesti terus membara.

Ust Deni Sholehudin mengingatkan bahwa pada tanggal 9 Dzul Hijjah tahun 11 Hijriyyah telah terjadi timbang terima antara Nabi saw sebagai pembawa risalah dakwah dengan umat Islam, lebih tepatnya para sahabat sebagai penerus perjuangan dakwah Rasulullah.

Dari Sahabat, risalah dakwah dilanjutkan kepada para tabiin, dan berlanjut kepada tabiut tabiin terus berlanjut hingga sampailah kepada Persatuan Islam yang menyatakan dirinya sebagai organisasi dakwah.

Dalam organisasi Dakwah yang memiliki motto menyelamatkan umat dalam beraqidah dan beribadah, Ust Deni mengajak agar para kader terus berjuang menyampaikan dakwah Islam dan melawan penghambat-penghambat dakwah diantaranya ronrongan dari harokah dhol mudlil (sesat menyesatkan, red).

Prosesi pembinaan tak berjalan satu arah, PP Persis juga menghendaki adanya dialog seputar masalah hukum bersama KH Zae Nandang dan Ust Amin Muchtar yang dipandu oleh Ust Deni Solehudin. (/JJ)

Sebarkan Tulisan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *