KPK Bantah Pernyataan Jokowi Dilibatkan Seleksi Cawapres, Bohong Kok Terus?

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah atas pernyataan Presiden Jokowi bahwa lembaga antirasuah itu dilibatkan dalam seleksi calon wakil presiden (cawapres).

“Tadi saya sudah pastikan dan cek di alur persuratan KPK itu tidak ada permintaan background check terkait dengan nama-nama cawapres tersebut.

Jadi sejauh ini tidak ada informasi itu,” kata Jubir KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Rabu (8/8).

Kata Febri, meski nama-nama kandidat cawapres Jokowi sudah menjadi konsumsi publik, namun permintaan bantuan ke KPK untuk mengecek latar belakang mereka itu belum masuk.

“Untuk posisi cawapres saat ini, belum ada satu pun surat yang tadi saya cek di alur surat KPK,” kata Febri. Sebelumnya, Presien Jokowi mengklaim KPK dilibatkan dalam seleksi cawapres.

“Dilibatkan (KPK, red),” kata Jokowi di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (8/8) saat menjawab pertanyaan jurnalis, apakah dirinya melibatkan lembaga KPK dalam menentukan cawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres 2019 mendatang.

Namun tidak ada penjelasan lebih jauh dari Jokowi soal bagaimana pelibatan KPK tersebut. Apakah seperti yang dia lakukan ketika memilih para calon menteri Kabinet Kerja, atau tidak.

sigabah.com | suaranasional.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *